Hobi Ikan Mania: 2016-07-10

cari

Sabtu, 16 Juli 2016

GURAME PADANG

LOHAN

LOHAN

ARWANA GOLDEN RED

Jumat, 15 Juli 2016

USAHATANI MINA PADI

USAHATANI MINA PADI

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Sektor pertanian dalam tatanan pembangunan nasional di Negara Indonesia memegang peranan penting dalam menyediakan pangan bagi  penduduk, selain itu sektor  pertanian dalam kebijakan pengembangan komoditas yang termuat pada kebijakan pembangunan pertanian tahun 2015 – 2019 salah satunya komoditas padi adalah sebagai komoditas pertanian dalam peningkatan ketahanan pangan dan sebagai bahan penyedia makanan pokok Nasional (Biro Perencanaan Kementerian Pertanian 2014).
Pola mengkonsumsi beras di masyarakat Indonesia cukup sulit untuk diminimalkan. Alasan yang sangat mendasar ialah karena telah menjadi kebiasaan masyarakat. Jika belum mengkonsumsi beras, maka belum dikatakan makan oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Selain itu, makan nasi merupakan budaya yang telah mengakar sejak zaman nenek moyangnya dahulu. Kondisi seperti ini mendorong kita untuk meningkatkan produktivitas padi dan memberikan solusi alternatif pemenuhan kebutuhan karbohidrat dan protein hewani yang berdaya guna (Tiku, 2008).
Padi merupakan bahan makanan pokok masyarakat Indonesia yang memegang peranan penting untuk dikembangkan. Berbagai inovasi teknologi telah dihasilkan untuk menunjang peningkatan produksi padi. Salah satu upaya peningkatan produksi padi dilakukan dengan perbaikan budidaya padi mulai dari varietas unggul, benih bermutu, persemaian, persiapan lahan, penanaman, pengairan berselang, pemupukan, pengendalian gulma secara terpadu dan lain sebagainya (Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 2011). 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...