Hobi Ikan Mania: 2018-01-14

cari

Sabtu, 20 Januari 2018

Anatomi Ikan Arwana

Anatomi Ikan Arwana

Kepala
Ikan Arwana memiliki bentuk kepala yang besar dan padat. Mulut ikan arwana mengarah ke atas. Gigi bertipe Canine dengan jumlah gigi 15 - 17 buah. Pada Ujung rahang bawahnya terdapat dua buah sungut yang berukuran sedang dan lunak.


Bentuk tubuh
Ikan arwana memiliki bentuk tubuh pipih dan memanjang dengan punggung datar. panjang tubuh ikan arwana dewasa dapat mencapai ukuran 40 - 60 cm.

Sisik
Ikan arwana memiliki sisik yang indah, sisik arwana berukuran besar dan keras, sisik arwana ini terdiri atas beberapa tingkatan  yang dihitung dari bagian paling bawah samping tubuh arwana.
Jumlah Tingkatan pada sisik arwana dewasa bervariasi antara 4 - 6.

Gurat sisi

Gurat sisis pada ikan arwana terletak di samping kiri dan kanan tubuhnya.



Sirip
Sirip pada ikan arwana tidak bergerigi, sirip punggung letaknya berdekatan dengan pangkal sirip ekor (caudal). panjang sirip anus lebih panjang daripada sirip pungung. Sirip dada ada di bagian bawah insang dengan bentuk memanjang dan melengkung, sirip perut berada berdekatan dengan anus.




Taksonomi ikan Arwana

Taksonomi


Ikan Arwana merupakan ikan air tawar yang termasuk ke dalam keluarga Osteoglossidae.

Taksonomi Arwana :





Kingdom     : Animalia
Filum           : Chordata
Kelas            :  Actinopterygii
Ordo            : Osteoglossiformes
Famili          : Osteoglossidae
Sub Famili   : Osteoglossidae
Genus : 1. Osteoglossum
             2. Arapaima
             3. Clupisudis
             4. Scleropages

Spsies 1. Osteoglossum bicirrsosum
                Osteoglossum Ferreirai
            2. Arapaima gigas
            3. Clupisudis nilot
            4. Scleropages formosus
                Scleropages guntberi
                Scleropages leicbardti
                Scleropages Jardini 


Jumat, 19 Januari 2018

Budidaya Ikan Balashark

Ikan Balashark (Balantheocheilus melanopterus) merupakan ikan yang berasal dari daerah Sumatera dan daerah Thailand.

Ikan Balashark termasuk jenis ikan omnivora. pemeliharaan ikan baik dilakukan pada kualitas air,  Suhu 26 - 280 C, pH netral 7, dan kekerasan 80 dH.

Panjang tubuh ikan ini mencapai ukuran 40 cm. Tetapi, ikan ini sangat Populer sebagai ikan hias ketika berukuran 7 - 10 cm.

Warna tubuhnya bewarna perak dengan bentuk agak pipih memanjang. warna pada punggunngnya  sedikit berwarna hitam cokelat dan pada ujung ekornya berwarna cokelat hitam.


pengadaan benih ikan ini umumnya masih mengandalkan penangkapan di alam, tetapi saat ini ikan Balashark dapat dipijahkan secara buatan dengan penyuntikan hormon.

perbedaan antara ikan jantan dan betina ketika ikan masih kecil sangat sulit untuk dibedakan namun setelah dewasa ikan ini dapat dibedakan dengan cara melihat ukuran tubuhnya yaitu tubuh ikan betina lebih gemuk dibandingkan dengan tubuh ikan jantan yang lebih kurus.

Dosis hormon yang disuntikan untuk ikan betina yaitu 0,5 ml/kg dan untuk ikan jantan 0,2 ml/kg berat induk. penyuntikan pada ikan betina dilakukan dua kali yaitu pertama 0,2 ml/kg dan kedua 0,3 ml/kg. Penyuntikan pertama dilakukan sekitar jam 14.00 dan untuk penyuntikan yang kedua dilakukan sekitar pukul 21.00.  striping pada induk ikan dilakukan sekitar pukul 07.00 hari berikutnya.

Telur ikan yang telah dibuahi ditetaskan pada bak atau akuarium penetasan. telur ikan akan menetas dalam waktu 2 hari. setelah 3 hari larva akan mulai untuk berenang. pada media penetasan perlu dipasang aerator untuk mensuplai oksigen.

larva yang baru menetas diberi pakan berupa artemia atau kutu air saring. dan apabila larva telah berumur 5 -6 hari maka larva dapat diberi cacing sutera.

















Kamis, 18 Januari 2018

Jenis Ikan Arwana Berdasarkan Asal Usulnya

Jenis Ikan arwana sedikitnya ada 10 jenis yang berasal dari berbagai negara. Secara umum ikan Arwana berasal dari empat wilayah yaitu berasal dari :  Asia Tenggara, Australia, Afrika dan Amerika Latin.



1. Ikan Arwana dari Indonesia

Super Red
Ikan Arwana Super Red Merupakan Jenis ikan Hias yang berasal dari Indonesia, hidup di perairan umum sungai Kapuas dan Danau Sentarum di Kalimantan Barat.


Super Red Arwana


ikan Super Red merupakan ikan hias yang paling disukai karena memiliki warna yang indah dengan sisik-sisiknya yang tersusun rapi.

Super Red terdiri dari beberapa jenis diantaranya yaitu : Chilli red, Blood Red, Orange red, Golden red.


Arwana Red Tail Golden (Golden Red) 
Merupakan jenis ikan arwana asli indonesia yang berasal dari daerah pekan baru Riau.


Golden Red Arwana



Red Tail Golden terdiri atas beberapa warna dasar, yaitu blue base, green base, dan gold base.

ikan Golden Red memiliki ciri sisik berwarna keemasan dari sisik bagian bawah hingga sisik baris keempat atau kelima. pada bagian punggungnya berwarna kehitaman.

Arwana Red Banjar
Arwana Red Banjar merupakan jenis Arwana sisik perak yang berasal dari daerah Sungai Kapuas dan Barito, Kalimantan. Indonesia.

Ikan ini memiliki bentuk kepala yang bulat, warna siripnya oranye pucat dan ekor berwarna kuning atau oranye.

Arwana Hijau (Golden Pino/Pino/Green Arwana)



Ikan Arwana Hijau merupakan jenis ikan arwana yang berasal dan terdapat di darah Kalimantan dan beberapa negara Asia lainnya (Malaysia, Thailand, dan Kamboja).


2. Arwana yang berasal dari Malaysia

Crossback Golden (X Back Golden)
Crossback Golden  merupakan salah satu jenis ikan dari arwana golden. Ikan ini dinamakan Crossback Golden karena ikan ini apabila dewasa akan muncul ring di sepanjang punggung arwana ini.

Warna dasar pada ikan Crossback Golden terdiri atas beberapa jenis, yaitu blue base, purple base, silver base, dan gold base.

Black Golden
Ikan Arwana Black Golden merupakan salah satu jenis ikan yang termasuk jenis arwana golden. Ikan Arwana Black Golden berasal dari daerah Johor, Perak, Trengganu, dan bukit merah.

Ikan ini memiliki warna emas yang dibalut sisik tebal yang berwarna hitam.


3. Arwana yang berasal dari Australia

 Ikan Arwana yang berasal dari daerah Australia ini disebut juga dengan Arwana Jardini. Arwana Jardini juga sering disebut juga sebagai Arwana Irian, ikan ini banyak ditemukan di daerah sungai Merauke, Papua.

Jenis ikan ini terdiri atas dua jenis. yaitu Arwana yang memiliki warna dasar yang lebih gelap dan
Arwana yang memiliki warna dasar yang lebih terang.


4. Arwana Brazil

Arwana Silver
Ikan ini merupakan jenis ikan hias yang berasal dari Brazil. ini arwana ini memiliki  warna perak / silver disepanjang tubuhnya. ikan Arwana silver banyak terdapat dipasaran dan memiliki harga yang murah.
Arwana Hitam
Ikan Arwana ini memiliki bentuk tubuh yang sama dengan Arwana Silver perbedaanya terdapat dari warna tubuhnya yaitu berwarna abu-abu kehitaman.


Keunggulan dan Kelebihan Budidaya Ikan Lele di Lahan Sempit

Keunggulan dan Kelebihan Budidaya Ikan Lele di lahan sempit. 


Pemeliharaan dan budidaya ikan lele di lahan yang sempit merupakan sebuah solusi usaha yang ditawarkan bagi mereka yang memiliki  lahan terbatas yang ada disekitar rumah. 


Budidaya ikan lele di lahan yang sempit mempunyai prospek yang menggiurkan, keunggulan dan kelebihan budidaya ikan lele di lahan sempit yaitu : 


a. Produktifitas Produksi ikan tetap tinggi.

b. Ruangan yang agak gelap dan kurang cahaya masuk dapat dimanfaatkan untuk memelihara 
        ikan lele. 

c. Biaya usaha lebih murah dan Fleksibel.

d. Pemeliharaan ikan lele murah.

e. Ketinggian air/ volume air bisa diatur. 

f. Terhindar  dari serangan Predator atau hama.

g. Mempunyai tingkat kematian yang rendah.

h. Mutu ikan yang dihasilkan akan jauh lebih baik

Rabu, 17 Januari 2018

Ikan Niasa (Yellow Auratus)

Ikan Niasa dengan nama latin (Melanochromis auratus) hidup pada lingkungan dengan kualitas air suhu 24 - 280C , pH 7, dan kekerasan air 120dH.

ikan Jantan memiliki  warna selang seling kuning dengan garis horisontal hitam sangat cemerlang dan untuk jenis ikan betina bewarna agak biru sedikit pucat.

pemijahan dilakukan secara masal dengan rasio perbandingan antara jantan dan betina yaitu 1 : 4.
masa inkubasi telur ikan ini dalam akuarium selama dua hari.

larva akan berenang setelah berumur 6 - 7 hari. larva yang sudah berenang diberi pakan berupa kutu air, artemia atau cacing sutera yang telah dicincang.

untuk pakan yang diberikan pada induk yaitu diberikan udang kecil, cacing sutera. Ikan ini sangat toleran terhadap perubahan kualitas air maka pergantian airnya pun cukup dilakukan sekitar 3-4 hari.

Senin, 15 Januari 2018

Budidaya Ikan Venustus

Ikan Venustus dengan nama latin (Haplochromis sp), ikan ini dikenal juga dengan Living Stoni dan Blue Lumphead yang berasal dari danau di daerah Malawi, Afrika.


Ikan ini termasuk jenis ikan karnivora cenderung Omnivora, syarat kualitas air untuk pemeliharaan ikan ini yaitu suhu 24-280C , pH air 7,5 - 8,5 dan kekerasan air 10-180dH.

Ikan ini dapat tumbuh dan panjang mencapai ukuran 15 - 20 cm. ikan Venustus memiliki warna yang beragam yaitu mulai dari warna biru, hitam putih agak belang, atau berwarna biru kekuningan.

untuk dijadikan induk ikan harus mencapai umur 8 bulan atau lebih. Ciri ikan betina dibedakan dengan warna tubuhnya yang pudar dan terdapat bintik merah pada setiap ujung sirip anal atau dubur.

untuk menghasilkan telur yang berkualitas maka induk perlu diberi pakan berupa anak udang atau rebon.


pemijahan ikan dilakukan secara massal dengan perbandingan antara induk ikan betina dan jantan        1 :4.

Proses pemijahan terjadi pada pojok-pojok kolam, betina yang siap untuk memijah akan mengeluarkan telur dan telur tersebut akan dibuahi oleh ikan jantan. kemudian selajutynya betina akan kembali mengabil telurnya dan dimasukan dalam mulut. hal ini dilakukan secara berulang-ulang sehingga  induk akan berenang berputar-putar.

Untuk lamanya telur ikan dalam mulut induknya (masa inkubasi) berlangsung hingga 10 - 14 hari. telur akan menetas dalam jangka waktu 2 hari dan  berenang  antara 6-7 hari kemudian.

Larva yang mulai berenang diberi pakan berupa cacing sutera atau kutu air besar, ukuran jual ikan 4 cm, atau sudah berumur empat bulan




Minggu, 14 Januari 2018

Budidaya Ikan Platty

Ikan Platty dengan nama latin Xiphophorus maculatus merupakan ikan hias yang berasal dari Amerika Selatan terutama Meksiko dan Honduras.

Ikan Platty merupakan jenis ikan omnivora yang panjang tubuhnya dapat mencapai 12 cm.

Pada media pemeliharaan ikan platty dapat tumbuh dan berkembang pada suhu 25 – 28 0 c, pH 7 - 7,5 , kekerasan Air 10 - 15 0 dH.

warna ikan Platty dipasaran beragam ada warna merah, kuning dan putih. Beberapa varietas ikan Platty yaitu sunset, red coral, Black tail, Coral, dan Hawaii.

Pemijahan ikan tehniknya sama dengan pemijahan ikan Guppy dan molly yang membutuhkan tanaman air.

perbedaan induk jantan dan betina yaitu induk jantan tubuhnya lebih langsing dan siripnya lebih lebar daripada induk ikan betina.

Ikan Platty sangat mudah memijah dan toleran terhadap suhu maupun kualitas air. Ukuran panjang ikan untuk dipasarkan atau dijual yaitu 2 cm dengan usia sekitar 2,5 bulan.

Popular Posts