Hobi Ikan Mania: 2018-01-07

cari

Sabtu, 13 Januari 2018

Budidaya Ikan Hias Molly

Ikan Molly merupakan jenis ikan hias dengan nama latin Poecilia sphenops ikan Molly berasal dari Meksiko, Florida, Virginia. Ikan ini bersifat omnivora, ukuran tubuh untuk ikan ini cukup besar, panjang maksimal sekitar 12 cm.


Ikan Molly dihabitat aslinya hidup dan berkembang pada suhu perairan 25 - 280C, pH 8 kekerasan air sekitar 14 - 200dH.

Perbedaan  antara induk jantan dan betina  :
- Perut induk betina lebih gendut dibanding induk jantan
- sirip punggung ikan jantan lebih lebar dan panjang

Pemijahan Ikan Molly hampir sama dengan pemijahan ikan Guppy, hanya perbedaannya adalah hasil produksi benih ikan Molly akan lebih bagus hasilnya apabila kekerasan air agak keras. karena itu penambahan garam dapur sekitar satu sendok makan per tiga liter air akan membantu memperbanyak produksi anakan Ikan Molly.
Sinar matahari juga akan membantu keberhasilan pemijahan.

Ikan Molly akan menjadi Induk setelah berumur lima bulan. ukuran jual ikan Molly ini yaitu setelah ikan mencapai panjang 2,5 - 3,0 cm (pemeliharaan selama 3-4 bulan)

Jumat, 12 Januari 2018

Budidaya Ikan Hias Guppy

Ikan Guppy nama latin Poecilia reticulata merupakan ikan yang berasal dari Trinidad, Barbados, Guyana, Brasil dan Asia Tenggara. 

Ikan ini memiliki sipat omnivora dan hidup pada suhu 25- 28 0C, Keasaman air pH 7, dan kekerasan 20 0dH.

Ikan Gupyy dapat mencapai panjang tubuh sekitar 5-6 cm.

Ikan Guppy memiliki warna-warna yang menarik seperti warna merah, hijau,kuning, biru maupun kombinasi warna.

pada ekor ikan ini memiliki bentuk yang sangat menarik seperti kipas.

Perbedaan induk betina dan jantan Guppy :
1. induk jantan memiliki warna yang cerah
2. sirip - sirip pada ikan jantan lebih lebar dan panjang.

proses pemijahan dilakukan secara masal dengan perbandingan  antara ikan jantan dan betina 1 : 4, pada tempat pemijahan ikan diberi tanaman air seperti hidrila sebagai tempat persembunyian benih ikan.

pakan
pakan yang diberikan yang terbaik untuk ikan adalah berupa pakan alami.
masa pemeliharaan ikan sampai dengan panen yaitu setelah benih ikan mencapai panjang 2 cm (telah berumur 3,5 bulan.

  

Rabu, 10 Januari 2018

Budidaya Sepat Mutiara

Ikan Sepat mutiara dengan nama latin Trichogaster leeri  memiliki nama dagang Pearl Gouramy atau Mosaic Gouramy merupakan ikan yang berasal dari Kalimantan, Sumatera,  Malaysia dan Thailand.

Ikan ini bersifat omnivora  dan hidup pada lingkungan perairan dengan suhu air 26 - 28 derajat celcius, pH 6,5 - 7 dan kekerasan air 6 - 8 derajat dH.

Ukuran panjang tubuh ikan ini dapat mencapai 12 cm. ikan ini memiliki ciri-ciri yaitu warnanya biru muda dengan violet terang. pada seluruh tubuhnya dipenuhi totol-totol putih seperti mutiara dengan pola mozaik. pada saat ikan ini mulai birahi maka warna bagian perut jantan menjadi oranye.

dalam hal cara pemijahan ikan sepat mutiara sama dengan pemijahan yang dilakukan pada ikan Dwarf Gouramy, namun ada perbedaan dalam hal merawat telurnya, yaitu ikan ini sangat setia merawat telur-telurnya.

karena sangat setia merawat telur-telurnya maka pemisahan induk jantan dan betina dengan anaknya dilakukan setelah larva mulai bisa berenang atau sekitar usia 1 minggu.

benih ikan sepat mutiara yang dipelihara dapat dijual ke pasaran apabila telah mencapai panjang 4 cm atau ikan sudah berumur 3,5 bulan.


Selasa, 09 Januari 2018

Budidaya Pembenihan Ikan Paradise

Ikan Paradise dengan nama latin Macropodus opercularis merupakan ikan yang berasal dari Cina dan Pulau Formosa.

Ikan Ini termasuk Jenis ikan Karnivora yang ukuran panjang tubuhnya dapat mencapai sekitar 7,5 cm. ikan Paradise memiliki warna yang menarik bergaris selang seling biru dan merah. Sirip punggung ikan ini panjang dan berwarna biru. pada sirip perutnya berpangkal biru dan berujung merah.  bentuk ekor ikan ini panjang menggarpu dengan warna ekor merah dan biru.

Parameter kualitas air untuk budidaya ikan Paradise :
- suhu air 25- 28 derajat celcius
- pH air 6,5 - 7
- kekerasan 6- 8 derajat dh

pemijahan
pemijahan dapat dilakukan pada akuarium, kolam kecil. cara pemijahan ikan ini hampir sama dengan pemijahan ikan cupang adu , hanya saja perbedaannya yaitu menggunakan tanaman air mengapung seperti eceng gondok.

dalam pemilihan pasangan ikan perlu dicermati, bila ikan jantan menyerang ikan betina secara bertubi-tubi sebaiknya ikan betinanya diganti.

dalam hal perawatan telur  sama dengan perawatan pada budidaya cupang adu ,

ikan Paradise bisa dijual apabila ukuran nya sudah mencapai 2,5 cm atau sudah berumur 3,5 bulan. 

Senin, 08 Januari 2018

Budidaya Ikan Dwarf Gouramy

Ikan Dwarf Gouramy dengan nama latin (Colisa lalia) merupakan jenis ikan sepat yang cantik yang berasal dari daerah India.

Ukuran tubuh ikan ini mencapai panjang sekitar 7 cm. Ikan Dwarf Gouramy memiliki sipat Omnivora. Ikan ini dapat hidup pada perairan dengan suhu antara 26 - 280c , pH 6,5 - 7,0 dan kekerasan air 6-90dH .

Ikan Jantan memiliki warna biru menarik dengan garis merah indigo pada daerah bawah atau perutnya.  apabila ikan ini akan memijah maka pada bagian perutnya terdapat garis-garis berwarna merah diagonal. Pada sirip punggungnya berwarna merah dan sirip lainnya berwarna oranye dengan warna titik-titik biru.  pada jenis ikan betina berwarna kuning cerah dan siripnya lebih membulat.

Cara memijah ikan ini hampir sama dengan ikan sepat lainnya. pada sarang busanya membutuhkan tanaman air untuk mengapung untuk menempelkan telurnya. 

pemijahan antara induk jantan dan betina dapat dicampur atau dipijahkan secar massal dengan perbandingan induk jantan dan betina 1 : 1.

Telur ikan ini bersipat mengapung sehingga ikan jantan tidak akan sulit untuk memasukan telur ke sarang. Ikan Betina sebaiknya diambil setelah selesai memijah, sedangkan ikan jantan diambil bila larvanya sudah mulai berenang.


telur ikan akan menetas dalam jangka waktu  satu hari dan berenang bebas pada umur seminggu. Larva nya dapat diberi pakan  berupa Infusoria . setelah ikan ini mulai berenang. atau keluar dari sarangnya.  sampai dengan 2 atau 3 hari larva sudah bisa diberi pakan   berupa kutu air besar.

cacing sutera diberikan pada ikan yang berukuran dewasa, untuk dijadikan induk maka ikan ini harus berumur 6 bulan. ukuran jual untuk dipasarkan setelah ikan berukuran panjang 2,5 cm atau sudah berumur 4 bulan.


Minggu, 07 Januari 2018

budidaya ikan Thick Lipped Gouramy

Thick Lipped Gouramy (Colisa Labiosa) merupakan ikan  yang berasal dari daerah Birma.
meskipun ikan ini memiliki nama dagang gouramy, namun ikan ini termasuk jenis ikan sepat.

ukuran panjang tubuhnya dapat mencapai 8 cm. ikan ini memiliki sipat omnivora dan dapat hidup pada suhu 26-280c. pH 6,5 - 7, dan kekerasan air 100dH.

ikan ini memiliki ciri-ciri yaitu berwarna cokelat bergaris biru disepanjang tubuhnya. Warna pada sirip punggungnya biru sedikit oranye, pada sirip perut berwarna kuning biru dengan ujungnya berwarna merah, ekor berwarna biru. Untuk jenis ikan betina warna nya kurang cerah, terutama warna pada sirip.

perkembangbiakan sama dengan ikan cupang yaitu induk jantan akan membuat sarang dari busa dan akan memijah ketika dimasukan induk betina. ada sedikit perbedaan cara pemijahan dengan ikan cupang ikan Thick Lipped Gouramy induk betinanya yang meletakan telurnya pada busa tanpa dijatuhkan. telur ikan ini mengapung dan induk jantan hanya menungguinya.

Setelah proses pemijahan selesai induk betina diambil dari tempat pemijahan dan induk jantan dibiarkan untuk merawat telur sampai menjadi larva yang bisa berenang.

Telur akan menetas setelah sehari dan akan berenang bebas setelah 5-6 hari. untuk pakan larva yang baru menetas diberikan Infusoria. setelah beberapa hari kemudian larva diberikan pakan berupa kutu air saring.

pembesaran ikan ini dapat dilakukan pada bak ataupun akuarium, pakan yang diberikan pada proses pembesaran berupa cacing sutera atau cuk.

Ikan ini dapat dijual apabila panjang tubuh ikan ini mencapai ukuran 4 cm atau berumur 2,5 bulan.

Popular Posts