Hobi Ikan Mania: 6 Jenis Pakan Ikan Cupang dengan Kandungan Nutrisi Tinggi

cari

Rabu, 09 Mei 2018

6 Jenis Pakan Ikan Cupang dengan Kandungan Nutrisi Tinggi



6 Jenis Pakan Ikan Cupang dengan Kandungan Nutrisi Tinggi


Sudahkah Anda memberikan pakan terbaik pada ikan cupang di rumah? Selain sebagai sumber energi dan pertumbuhan, pakan juga sangat memengaruhi performa si ikan itu sendiri, terutama jika ia adalah jenis cupang aduan. Nah, berikut ada beberapa jenis pakan ikan cupang yang diketahui memiliki nutrisi tinggi.

      1.      Artemia
Artemia merupakan embrio udang “primitif” yang terbentuk lewat proses metamorfosis saat berenang di lautan. Habitan artemia adalah di air asin, maka untuk mencegah kematian ikan cupang, cuci dulu sampai kadar garamnya turun sebelum menjadikannya sebagai pakan.

       2.      Jentik Nyamuk
Jentik nyamuk dikenal sebagai pakan bernutrisi tinggi yang sangat baik dikonsumsi oleh ikan cupang. Tidak hanya mempercepat proses pertumbuhan, zat tertentu yang terkandung dalam jentik nyamuk juga dipercaya mampu memberikan corak warna yang lebih bagus pada ikan cupang. Ingat, hanya berikan jentik nyamuk yang masih berbentuk larva agar tidak membahayakan kesehatan si cupang sendiri.

      3.      Kutu Air
Kutu air mengandung protein yang sangat baik untuk pertumbuhan dan performa ikan cupang. Selain itu, pakan ini juga sangat mudah dicerna oleh anakan ikan cupang. Biasanya pedagang ikan menyediakan kutu air sebagai pakan. Jika susah mencari, Anda juga bisa menernaknya sendiri.

      4.      Cacing Sutra
Cacing sutra dikenal sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan dan membentuk bodi ikan cupang menjadi lebih sempurna. Selain teksturnya lembut dan gampang dicerna, cacing sutra juga mudah ditemukan, baik dengan berburu sendiri di tanah maupun dengan membelinya di pedagang ikan.

      5.      Burayak
Merupakan anakan ikan guppy yang biasa dipakai sebagai pakan ikan cupang. Perlu diingat, anakan guppy di sini adalah yang diperoleh dari sungai, bukan anakan guppy hias yang sengaja dipelihara di akuarium. Burayak banyak tersedia di pedagang ikan.

      6.      Kuning Telur
Kuning telur bisa menjadi alternatif terakhir jika Anda kesulitan menemukan jenis pakan ikan cupang yang disebutkan sebelumnya. Kuning telur ini pun bisa diberikan pada anakan ikan cupang yang usianya sudah masuk 4 hari. Selain mudah dicari, harga pakan yang satu ini juga tergolong murah.
Selain pemilihan pakan yang tepat, jangan lupa juga perhatikan kondisi air agar ikan cupang Anda tetap berumur panjang. Semoga bermanfaat!


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...