Hobi Ikan Mania: 3 Teknik Perawatan Ikan Cupang Agar Hasilkan Kualitas Warna yang Bagus

cari

Rabu, 09 Mei 2018

3 Teknik Perawatan Ikan Cupang Agar Hasilkan Kualitas Warna yang Bagus






3 Teknik Perawatan Ikan Cupang Agar Hasilkan Kualitas Warna yang Bagus

Cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat digemari oleh pencinta satwa. Ciri khas ikan ini adalah postur tubuh yang mini dengan corak tubuh warna-warni. Meski budidayanya tegolong mudah, untuk menghasilkan ikan cupang dengan warna yang cantik dan berkualitas tetap diperlukan teknik dan perawatan khusus, antara lain:

      1.      Kualitas Air
Kualitas air akan sangat berpengaruh terhadap warna dan corak ikan cupang. Pastikan air akuarium atau kolam yang dipakai selalu bersih, bening, dan rutin diganti. Air kolam yang keruh dan kotor akan membuat ikan cupang menjadi kusam. Jika tidak ingin repot mengganti air terus menerus, pakailah filter akuarium sehingga kualitas air tetap terjaga.

      2.      Pakan
Agar ikan cupang tetap memiliki warna yang cerah dan cantik, berikan pakan yang bernutrisi tinggi dan mengandung banyak protein, seperti cacing sutra, jentik nyamuk, kutu air, udang artemia, burayak, atau kuning telur.

Jenis pakan semacam ini dikenal bermanfaat untuk mencerahkan warna dan corak ikan cupang, serta membuat bodi ikan lebih ramping (tak buncit). Namun, pastikan pakan tersebut masih dalam kondisi segar/hidup agar tidak mengganggu kesehatan si cupang sendiri.

       3.      Daun Jati
Sama seperti daun ketapang, daun jati juga sangat bermanfaat untuk menjaga warna ikan cupang agar tetap cerah. Eksekusinya juga cukup mudah. Cukup siapkan wadah berisi air bersih, lalu masukkan daun jati kering yang sudah ditambahkan sedikit garam. Jika memungkinkan, pakailah garam ikan.
Letakkan di tempat yang gelap, dan masukkan ikan cupang ke dalamnya. O ya, untuk sementara pisahkan ikan cupang dari yang lainnya. Biarkan selama 2-3 hari. Jangan lupa beri makan secukupnya. Setelah proses “karantina” selesai, pindahkan ikan ke air tawar yang bersih. Jemur di bawah matahari selama kurang lebih 10-15 menit, dan lihat hasilnya.
Itulah teknik perawatan ikan cupang agar menghasilkan kualitas warna yang bagus. Jika cara di atas diterapkan secara benar, performa ikan cupang Anda juga akan semakin maksimal saat bertarung, lho. Selamat mencoba!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...