Hobi Ikan Mania: 3 Jenis Penyakit pada Ikan Cupang dan Cara Mengobatinya

cari

Rabu, 09 Mei 2018

3 Jenis Penyakit pada Ikan Cupang dan Cara Mengobatinya





3 Jenis Penyakit pada Ikan Cupang dan Cara Mengobatinya


Sudahkah mengecek kesehatan ikan cupang peliharaan Anda hari ini? Ya, sama seperti ternak lain, ikan cupang juga rentan terkena gangguan kesehatan, lho. Selain gerak yang tak lagi agresif, indikator lain yang menunjukkan menurunnya kesehatan si cupang adalah warna bodi yang kusam dan sirip yang tidak mengembang lebar seperti biasanya.
Nah, berikut daftar jenis penyakit pada ikan cupang dan cara mengobatinya.

       1.      Mata Bengkak
Mata bengkak (pop eye) merupakan penyakit yang paling sering diderita ikan cupang. Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh kualitas air yang kotor. Selain bisa menular ke mata sebelah, saat menderita pop eye, ikan cupang umumnya juga akan malas bergerak, tidak mau makan, sampai warnanya pucat.

Cara mengobatinya cukup mudah. Pindahkan ikan ke wadah yang sudah diisi air bersih, lalu tetesi air dengan antibiotik semacam Ampicillin atau Super Tetra. Tambahkan sedikit garam ikan, dan diamkan selama 2-3 hari sampai sembuh.

      2.      Jamur Kulit
Kualitas air yang buruk juga akan membuat ikan terkena infeksi jamur kulit. Cara mengobatinya tentu saja dengan mengganti air kolam/akuarium secara rutin dan tetesi dengan Methylene Blue dan garam ikan. Diamkan selama 2-3 hari. Jika tidak terlihat perubahan, ulangi langkah yang sama sampai sembuh.

       3.      Busuk Sirip
Jika bagian tepi sirip ikan cupang Anda berwarna gelap/kemerahan tidak normal, bisa jadi ia terkena busuk sirip (fish rot). Penyakit ini juga umumnya diakibatkan oleh kotornya air. Busuk sirip memang tidak mengganggu nafsu makan ikan, tapi memengaruhi corak dan warna pada bodi cupang sendiri. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini akan menjalar ke seluruh tubuh.
Cara mencegahnya adalah dengan memindahkan ikan cupang ke wadah berisi air bersih yang sudah ditetesi dengan antibiotik seperti Super Tetra atau Ampicillin, lalu tambahkan sedikit garam ikan. Lama pengobatan biasanya tergantung tingkat keparahan penyakit pada ikan cupang. Makin parah busuk sirip yang diderita, makin lama proses pengobatannya.
Itulah jenis penyakit yang sering terjadi pada ikan cupang beserta cara mengobatinya. Selain rutin mengganti air, perhatikan juga kualitas dan kesegaran pakannya. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang menekuni hobi beternak ikan cupang, ya!


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...