Hobi Ikan Mania: 3 Jenis Ikan Cupang dan Namanya

cari

Kamis, 10 Mei 2018

3 Jenis Ikan Cupang dan Namanya





3 Jenis Ikan Cupang dan Namanya

Ikan cupang merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki habitat asli di perairan beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Thailand, Brunei Darussalam, Singapura, Indonesia, Vietnam, serta Malaysia. Ikan dengan nama latin Betta sp. ini sering dipelihara karena warnanya yang cantik. Adapun ikan cupang dikelompokkan menjadi 3 jenis.

      1.      Cupang Hias
Merupakan jenis ikan cupang yang paling sering dipelihara di akuarium. Cupang hias ini umumnya memiliki warna yang atraktif, seperti merah, biru, ungu, dan kombinasi warna-warna lainnya.

      2.      Cupang Aduan
Merupakan jenis ikan cupang khusus yang sering disertakan pada lomba adu cupang. Dibandingkan dengan cupang hias, cupang aduan memiliki perawakan yang lebih kokoh—dari mulai leher sampai ekor. Selain itu, gerakan cupang ini juga sangat agresif. Cupang aduan akan segera mengembangkan sirip dan menyerang musuh jika merasa posisinya tidak aman.

      3.      Cupang Liar
Pada dasarnya, semua ikan cupang adalah cupang liar. Hanya proses budidayanya saja yang membuat masing-masing jenis akhirnya berbeda. Cupang liar merupakan jenis cupang yang masih hidup bebas di alam (belum pernah dibudidayakan atau dikawin-silangkan). Pun karena belum terkena campur tangan manusia, corak dan bentuk cupang liar ini masih sangat alami.
Selain jenisnya, cupang juga dikelompokkan menjadi beberapa macam:
-          Halfmoon (setengah bulan), merupakan jenis cupang yang punya sirip dan ekor yang lebar serta simetris, mirip dengan bentuk bulan separuh. Halfmoon pertama kali diternakkan oleh seorang warga Amerika, Petter Goettner, pada tahun 1982 silam.
-          Crowntail, adalah jenis cupang yang ekornya memiliki bentuk menyerupai mahkota. Di Indonesia, cupang ini lebih terkenal dengan nama cupang serit.
-          Double tail, merupakan jenis cupang yang punya ekor ganda (dua buah ekor)
-          Giant alias cupang raksasa dengan ukuran mencapai 12 cm, merupakan hasil kawin silang antara cupang biasa dengan cupang alam
-          Plakat halfmoon, Plakat berasal dari bahasa Thailand yang berarti “tarung”. Sesuai namanya, ikan ini merupakan jenis cupang yang paling sering dilombakan dalam adu cupang.
Nah, itulah jenis ikan cupang yang terkenal dan cukup sering diternakkan di Indonesia. Mana yang paling menjadi favorit Anda?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...