Hobi Ikan Mania: Tehnik Pembesaran Ikan Patin pada Keramba

cari

Sabtu, 21 April 2018

Tehnik Pembesaran Ikan Patin pada Keramba

Budidaya ikan patin dapat dilakukan dibeberapa media pemeliharaan salah satunya yaitu pemeliharaan ikan patin pada keramba.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatan karamba pada pemeliharaan ikan patin terdiri dari balok kayu dan bambu.

Balok kayu berfungsi sebagai rangka dan bambu sebagai dinding dan penutup yang diikatkan dengan tali nilon pada rangka kayu.

Bentuk karamba yang digunakan adalah kotak segi empat yang pada bagian bawahnya terbuka dengan ukuran panjang 4 meter, lebar 2 meter dan tinggi 1,5 meter.

Penempatan karamba adalah 2/3 di dalam air dan 1/3 diatas permukaan air. Pada bagian tengah penutup karamba dibuat lubang terbuka berukuran 0,5 x 0,5 meter yang berfungsi sebagai tempat pemberian pakan dan pengontrolan ikan patin.

Pada bagian dalam karamba dimasukkan jaring yang diikat pada dinding karamba, sebagai wadah penampung ikan patin yang dipelihara.

Agar ikan Patin yang dipelihara tidak lepas maka ukuran mata jaring lebih kecil dari ukuran benih ikan patin yang ditebar.

Karamba ditempatkan di pinggir sungai secara berkelompok dan setiap kelompok terdapat 20 – 40 karamba. Penempatannya secara berpasangan dan diantara pasangan karamba ditempatkan bambu bulat yang berfungsi sebagai tempat pengikat, sekaligus sebagai pelampung karamba.

pada setiap karamba dibuat jalan penghubung dari papan kayu. Kedua ujung bambu tersebut di ikat pada tiang yang ditancapkan kedasar sungai sebagai penahan agar karamba tidak terbawa arus air sungai.

Untuk setiap kelompok, diatas bambu pelampung dibuat pondok ukuran 1,5 x 1,5 x 1,5 meter sebagai tempat berteduh bagi petugas yang jaga di malam hari.

Rangka pondok terbuat dari bambu dan kayu, lantai dari bambu dan atap dari daun rumbia atau nipah.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...