Hobi Ikan Mania: Sifat Biologis Ikan Patin

cari

Jumat, 06 April 2018

Sifat Biologis Ikan Patin

Ikan patin merupakan jenis ikan air tawar yang bersifat nokturnal (aktivitasnya dilakukan di malam hari) sebagaimana umumnya ikan catfish lainnya. 

Selain itu, ikan patin suka bersembunyi di dalam liang-liang ditepi sungai habitat hidupnya. 

Yang membedakan ikan patin dengan ikan golongan catfish pada umunya : yaitu sifat ikan patin  termasuk omnivora atau golongan ikan pemakan segalanya. 

Di alam, makanan ikan patin antara lain ikan-ikan kecil, cacing, detritus, serangga, biji-bijian, udang-udang kecil, dan moluska. Ikan patin termasuk ikan dasar. Hal ini bisa dilihat dari bentuk mulutnya yang agak ke bawah itu. Habitatnya hidup disungai-sungai dan muara-muara sungai tersebar di Indonesia, India, dan Myanmar.

Daging ikan patin ini sangat gurih dan lezat sehingga terkenal dan sangat digemari oleh masyarakat. Kalau di alam ikan patin berkumpul di tepi-tepi sungai besar pada akhir musim penghujan atau sekitar bulan April sampai Mei. 

Alat yang dipergunakan untuk menangkap ikan patin di alam yaitu seser yaitu semacam jala yang di peregang dengan sepasang bilah bambu. Pengoperasinya dengan cara mendorong atau menyeserkannya ke arah depan. Waktu penangkapannya menjelang fajar.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...