Hobi Ikan Mania: Pembesaran Ikan Patin Pada Kolam Tanah

cari

Jumat, 20 April 2018

Pembesaran Ikan Patin Pada Kolam Tanah

Pada kegiatan usaha pembesaran ikan patin di kolam tanah,  ukuran kolam yang diperlukan untuk pembesaran ikan patin tergantung dari luas lahan yang tersedia.

Berdasarkan pengalaman dari para pembudidaya ikan patin, bentuk ideal untuk kolam pemeliharaan ikan patin berupa kolam tanah adalah empat persegi panjang dengan ukuran luas lebih besar dari 50 m2.

Kedalaman kolam tanah yaitu berkisar antara 0,5 - 1,5 m. Kemiringan dasar kolam dari permukaan kepembuangan yaitu 0,5%, tinggi pematang 1-1,5 M. Pada bagian tengah dasar kolam tanah dibuat parit/kemalir yang memanjang dari arah pemasukan air kearah pengeluaran air (monik).

Ukuran parit/ kemalir   lebar 30-50 cm dengan kedalaman 10-15 cm. Sebelum digunakan untuk pembesaran ikan patin sebaiknya kolam dikeringkan terlebih dahulu selama 3 – 5 hari. Kemudian kolam diberi kapur sebanyak 50 – 100 g/m2 dengan tujuan untuk menaikkan pH.

 Untuk mempercepat pertumbuhan plankton, maka pada kolam pembesaran ikan patin diberi pupuk dengan menggunakan TSP sebanyak 20 – 30g/m2 atau menggunakan pupuk kandang sebanyak 50 – 100g/m2.

 Setelah semua kegiatan persiapan kolam selesai, kemudian kolam diisi air setinggi 1 m dan didiamkan selama 5 hari.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...