Hobi Ikan Mania: 2 Aspek Penting Dalam Pemeliharaan Ikan Arwana di Akuarium

cari

Minggu, 15 April 2018

2 Aspek Penting Dalam Pemeliharaan Ikan Arwana di Akuarium

2 Aspek Penting Dalam Pemeliharaan Ikan Arwana di Akuarium
KW: Ikan Arwana



Dengan harga yang mahal, ikan arwana mampu menarik perhatian banyak orang. Tidak hanya menarik perhatian, ikan arwana mampu membuat para pemelihara ikan hias rela untuk merogoh kantongnya lebih dalam. Tubuhnya yang panjang dan ramping membuatnya terlihat anggun ketika berdansa di dalam akuarium. Membuat yang memandang seolah melupakan beban-beban yang ada.
Karena nilai jualnya yang tinggi, ikan cantik ini menjadi incaran para kolektor ikan untuk dibudidayakan. Sayangnya tidak semua orang berhasil merawat ikan arwana sehingga sering kali mereka gagal dan ikan arwana yang dipelihara pun mati. Ada beberapa hal yang wajib diketahui untuk memelihara ikan arwana di akuarium untuk menjaga masa hidupnya dan kembali menghasilkan keuntungan.
Nah, berikut adalah tips dan trik yang dapat Anda aplikasikan dan bawa pulang ke ikan arwana kesayangan di rumah. Simak penjelasannya di bawah ini.
1.      Akuarium
Ada beberapa aspek dari akuarium untuk ikan arwana yang harus Anda perhatikan, yaitu:
·         Ukuran Akuarium
Ikan arwana memiliki ukuran yang berbeda-beda. Maka dari itu ukuran akuarium untuk ikan arwana pun harus menyesuaikan bentuk tubuhnya, ukuran akuarium ikan arwana minimal tiga kali dari panjang tubuh ikan. Yaitu dari bibir hingga sirip belakangnya. Lebar akuarium 1.5 kali panjang ikan.
·         Air Akuarium
Ikan arwana merupakan ikan air tawar. Pastikan air akuarium bersih karena akan mengandung larutan oksigen yang membuat ikan nyaman berenang dalam akuarium. Air yang sehat berwarna bening dan tidak berbau.
·         Hiasan Akuarium
Tambahkan hiasan yang estetik dan juga fungsional, pastikan ikan arwana yang ada di dalamnya tetap dapat berenang dengan leluasa. Hindari hiasan yang tajam. Beri hiasan seperti benteng, pepohonan, atau rumah-rumahan.
·         Tutup Akuarium
Ikan arwana tergolong ikan yang aktif dan gesit sehingga memiliki potensi untuk lompat ke luar. Maka dari itu, penting untuk memberi tutup di bagian atas akuarium. Pastikan ada celah untuk ruang masuk oksigen.
·         Penempatan Akuarium
Tempatkan akuarium di tempat yang tidak terlalu ramai orang berlalu-lalang, karena ikan arwana membutuhkan suasana yang tenang dan aman dari gangguan. Ikan akan menyesuaikan diri dengan lingkungannya kurang lebih satu minggu.
·         Kebersihan Akuarium
Bersihkan kotoran pada akuarium setiap hari, lakukan perlahan sehingga tidak mengganggu ikan arwana yang aktif ini. Membersihkan kotoran dapat dilakukan dengan penyedot ataupun jaring.
·         Mengganti Air Akuarium
Pastikan untuk mengganti air secara rutin. Air yang jarang diganti mengandung sedimen dan endapan organik sisa-sisa kotoran dan makanan ikan arwana. Ganti air secara bertahap, ganti 20%, lalu 50%.
2.      Ikan Arwana
Selain memperhatikan tempat tinggal ikan arwana, Anda juga perlu memperhatikan ikan arwana yang menjadi pilihan Anda untuk menghuni akuarium tersebut.
·         Perilaku Ikan Arwana
Pastikan ikan arwana sehat dan aktif. Uji dengan memberikan makanan.
·         Memasukkan Ikan ke dalam Akuarium
Untuk menghindari rasa kaget ikan, masukkan air akuarium sedikit demi sedikit.
·         Pakan Ikan Arwana
Beri makan secara berkala. Pertama, satu hari sekali, kemudian sehari dua kali.
Pastikan Anda merawat ikan arwana dan akuarium dengan baik dan hindari sesal di kemudian hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...