Hobi Ikan Mania: Sistem semi-Intensif budiaya ikan nila (teknologi madya)

cari

Kamis, 29 Maret 2018

Sistem semi-Intensif budiaya ikan nila (teknologi madya)


1)  Kegiatan Budidaya ikan Nila secara semi-intensif dapat dilakukan pada  kolam, tambak,  sawah / mina padi, dan di jaring apung. Pemeliharaan dengan sistem ini biasanya digunakan untuk kegiatan pendederan ikan. Dalam sistem ini sudah dilakukan pemupukan dan pemberian pakan tambahan yang teratur.

2)   Sarana dan Prasarana pada sistem semi intensif ini berupa saluran irigasi cukup baik sehingga kolam dapat berproduksi 2-3 kali per tahun. Selain itu, penggantian air kolam juga dapat dilakukan secara rutin. Pemeliharaan ikan Nila  di sawah  membutuhkan waktu 2-2,5 bulan karena bersamaan dengan tanaman padi atau sebagai penyelang. 

3)  Budi daya ikan nila secara semi-intensif di kolam dapat dilakukan secara monokultur (pemeliharaan satu jenis ikan) maupun secara polikultur (pemeliharaan berbagai jenis ikan). Pada monokultur sebaiknya dipakai sistem tunggal kelamin. Hal ini karena nila jantan lebih cepat tumbuh daripada ikan nila betina.

4)    Sistem budidaya ikan nila semi-intensif ini  dapat dilakukan secara terpadu (intergrated), artinya kolam ikan dikelola bersama dengan usaha tani lain maupun dengan industri rumah tangga. Misal usaha ternak kambing, itik dan sebagainya. 

5)    Usaha tani tanaman kangkung, genjer dan sayuran lainnya juga dapat dipelihara bersama ikan nila. Limbah sayuran menjadi pupuk dan pakan tambahan bagi ikan. Sedangkan lumpur yang kotor dan kolam ikan dapat menjadi pupuk bagi kebun sayuran.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...