Hobi Ikan Mania: Sistem ekstensif (teknologi sederhana budidaya ikan nila)

cari

Selasa, 27 Maret 2018

Sistem ekstensif (teknologi sederhana budidaya ikan nila)

Sistem ekstensif (teknologi sederhana budidaya ikan nila)

1) Sistem ekstensif pada budidaya ikan nila merupakan sistem pemeliharaan ikan nila  yang belum berkembang. Input produksinya sangat sederhana. Biasanya dilakukan di kolam air tawar. Dapat pula dilakukan di sawah (minapadi). sitem pengairan pada kolam tergantung kepada musim hujan. Kolam yang digunakan biasanya kolam pekarangan yang memiliki lahan sempit. Hasil ikannya hanya untuk konsumsi keluarga sendiri. Sistem pemeliharaan ikan  secara polikultur dipelihara bersama dengan ikan lain. Sistem ini telah dipopulerkan di wilayah desa miskin.

 2) Kegiatan pemupukan pada kolam ikan tidak diterapkan secara khusus. Ikan diberi pakan berupa bahan makanan yang terbuang, seperti sisa-sisa dapur limbah pertanian (dedak, bungkil kelapa dll.).

3) Pemanenan ikan nila  tidak tentu. Ikan nila yang sudah agak besar dapat dipanen sewaktu-waktu. Hasil pemeliharaan sistem ekstensif sebenar cukup lumayan, karena pemanenannya bertahap. Untuk kolam berukuran 2 x 1 x 1 m ditebarkan benih ikan nila sebanyak 20 ruang berukuran 30 ekor. Setelah 2 bulan diambil 10 ekor, dipelihara 3 bulan kemudian beranak, demikian seterusnya. Penggantian air kolam menggunakan air sumur. Penggantian air kolam dilakukan seminggu sekali.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...