Hobi Ikan Mania: Pertimbangan teknis dalam pemilihan lokasi pembesaran ikan lele pada kolam terpal

cari

Senin, 05 Maret 2018

Pertimbangan teknis dalam pemilihan lokasi pembesaran ikan lele pada kolam terpal

 Budidaya ikan lele pada kolam terpal merupakan salah satu alternatif teknologi  budidaya yang diterapkan pada lahan sempit, lahan minim air, atau lahan yang tanahnya porous, terutama tanah berpasir. 

Pertimbangan teknis dalam pemilihan lahan untuk budidaya ikan lele pada kolam terpal.

Kolam terpal yang akan digunakan untuk budidaya ikan lele dapat dibangun pada beberapa tempat, termasuk di halaman rumah, bekas garasi mobil, atau bekas gedung. 

ada Beberapa faktor yang perlu di pertimbangkan dalam membangun kolam terpal adalah sebagai berikut :

a. Sumber air untuk mengisi kolam terpal tersedia. Sumber air yang digunakan untuk mengisi kolam terpal dapat berasal dari air sumur, air PAM, air hujan yang ditampung, dan dari sumber air lainnya yang layak digunakan. Lebih ideal lagi apabila kolam terpal mendapat pasokan dari sungai, saluran irigasi, waduk, atau danau.


b.    Ketinggian lokasi budidaya ikan lele perlu dipertimbangkan karena ketinggian lokasi ini berkaitan dengan suhu air. Ketinggian lokasi untuk budidaya ikan lele  yang cocok yaitu pada ketinggian 0-700 m dpl (di  atas permukaan laut).

c.    Ukuran benih ikan lele yang hendak dipelihara dan dibesarkan  perlu diperhatikan karena ukuran tersebut terkait dengan tingginya kedalaman air di dalam kolam terpal, misalnya benih lele cocok dipelihara pada kedalaman air sekitar 30-40 cm. Untuk menampung air sedalam 40 cm pada kolam terpal maka cukup dibuat kolam terpal dengan ketinggian sekitar 60 cm.

d.    lokasi budidaya ikan lele pada kolam terpal memiliki dasar tanah yang rata, rangka yang digunakan tidak berbahaya tidak tajam apabila rangka terlalu tajam dikhawatirkan dapat membuat terpal sobek. untuk tanah dasar kolam yang tidak rata, sebaiknya diberi lapisan dari pelepah batang pisang  atau sekam padi. Selain berfungsi meratakan tanah, sekam padi dapat menstabilkan suhu.

e.    kolam terpal yang dibangun dekat daerah pemukiman penduduk, perlu dipikirkan penanganan limbah air kolam terpal. bak penampungan untuk buangan air limbah perlu dipersiapkan sehingga air limbah dari pemeliharan ikan dapat diolah terlebih dahulu sebelum air limbah tersebur dibuang ke saluran umum. Pada lokasi budidaya kolam terpal dapat pula dibangun sumur resapan untuk menampung air limbah yang di buang. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...