Hobi Ikan Mania: Pertimbangan sosial-ekonomi pada budidaya ikan lele di kolam terpal

cari

Kamis, 08 Maret 2018

Pertimbangan sosial-ekonomi pada budidaya ikan lele di kolam terpal

Pertimbangan sosial- ekonomi

Pada Kegiatan usaha Budidaya ikan lele di kolam terpal, perlu mempertimbangkan faktor-faktor sosial-ekonomi, faktor - faktor tersebut antara lain :

a.    Lokasi, lokasi budidaya ikan lele yang dipilih bukanlah lokasi sengketa. Sekalipun kolam terpal mudah dibongkar dan dipindahkan ke tempat lain, namun sebaiknya lokasi yang dipersengketakan  tidak dipilih untuk lokasi budidaya karena hal ini dapat merugikan pembudidaya.

a.    Tampat usaha budidaya ikan lele dekat dengan daerah pengembangan budidaya ikan lele sehingga memudahkan memperoleh induk atau benih.

b.    sarana dan prasaran trasportasi tersedia dan memadai untuk memudahkan pengadaan alat, bahan, trasportasi benih, hasil panen. 

c.    Adanya tersedia alat dan bahan disekitar lokasi  atau pengadaanya mudah.

d.    Pasar untuk ikan lele cukup terbuka untuk menampung produksi, baik pasar lokal maupun pasar ekspor, serta harga yang cukup memadai.

e.    Lokasi budidaya ikan lele cukup aman dari berbagai gangguan, baik dari gangguan hewan-hewan liar maupun gangguan dari manusia (pencurian). 

f.     Pada lokasi budidaya ikan lele terdapat  sumber energi listrik untuk penerangan dan kebutuhan lainya.

g.  Adanya dukungan dari pihak-pihak terkait, misalnya permodalan dan lain-lain. Untuk petani ikan kecil, dukungan juga dapat berupa penyuluhan teknis dan pemasaran hasil budidaya ikan lele
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...