Hobi Ikan Mania: Persiapan dan Kualitas Air kolam pada Pemijahan ikan Nila Secara Tradisional/Alami

cari

Rabu, 21 Maret 2018

Persiapan dan Kualitas Air kolam pada Pemijahan ikan Nila Secara Tradisional/Alami

    Ikan Nila  berkembangbiak dan memijah pada sarang yang dibuat oleh ikan nila jantan di dasar kolam, sehingga kolam pemijahan diperlukan dasar yang berlumpur. 

    Ikan nila dalam proses pemijahan bersifat mengerami telurnya di dalam mulut sampai 
menetas kurang lebih 4 hari. kurang lebih 14 hari induk ikan nila memelihara larvanya sampai larva dapat berenang bebas, proses mengerami telur dan mengasuh larva dilakukan oleh induk betina. 

1)     Persiapan Kolam
Kolam pemijahan ikan nila luasnya harus disesuaikan dengan jumlah induk yang akan dipijahkan. 


    Perbandingan antara ikan jantan dan ikan betina adalah 1 : 3,  ukuran induk ikan nila yang dipijahkan yaitu berukuran 250 - 500 gr/ekor. Padat penebaran ikan nila pada kolam pemijahan yaitu 1 ekor/m2 Hal ini berdasarkan sifat ikan jantan yang membuat sarang berbentuk kobakan di dasar kolam dengan diameter kira-kira 50 cm dan akan mempertahankan kobakan tersebut dari ikan jantan lainnya. 

  

   Kobakan yang berada di dasar kolam akan digunakan oleh  ikan jantan untuk memikat ikan betina. Oleh karena itu jumlah ikan jantan setiap luasan kolam tergantung pada berapa banyak kemungkinan kobakan yang dapat dibuat oleh ikan jantan pada dasar kolam tersebut. 


    Dinding kolam pemijahan diupayakan harus kokoh dan tidak ada yang bocor agar 

    dinding  mampu menahan tekanan air kolam. Kedalam air pada  kolam pemijahan 70 cm. Dasar kolam dilakukan pengolahan, pembuatan kemalir, pemupukan dan pengapuran.


 2)     Kualitas air
Parameter Kualitas air pada kolam pemijahan ikan nila secara alami yaitu 

    - oksigen terlarut > 5 ppm, 

    - pH > 5, 

    - suhu 20 -30 0

   -  NH3 < 1 ppm. 

   

    Untuk menciptakan kondisi kualitas air seperti tersebut, maka pengairan kolam pemijahan harus dilakukan dengan pengaturan yang baik. Debit Air pada saluran pemasukan  yaitu sebesar 2 - 5 liter/ menit pada  luasan kolam pemijahan ikan nila sebesar  200 2 m. 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...