Hobi Ikan Mania: Perbedaan Jenis Kelamin antara Ikan Nila Jantan dan ikan Nila Betina

cari

Minggu, 18 Maret 2018

Perbedaan Jenis Kelamin antara Ikan Nila Jantan dan ikan Nila Betina

Ikan Nila Jantan


1. Alat kelamin pada jenis ikan nila jantan berupa tonjolan (papilla) dibelakang lubang anus. Pada tonjolan ini terdapat satu lubang untuk mengeluarkan sperma dan urine.


2. Warna badan ikan nila jantan lebih cerah dan terang

3. sirip warnanya memerah terutama pada saat ikan jantan matang gonad dan ikan akan menjadi lebih galak terhadap ikan jantan yang lain.

4. Kematangan gonad ikan nila jantan dapat  diketahui dengan cara melakukan pengurutan perut kearah anus dan akan mengeluarkan cairan kental berwarna bening dan di sekitar perut sampai kepala bagian bawah berwarna merah.


Ikan Nila Betina 

1. Alat kelamin pada jenis ikan Nila Betina berupa tonjolan dibelakang anus. Pada tonjolan tersebut terdapat 2 lubang. Lubang yang pertama terletak di dekat anus, berbentuk seperti bulan sabit dan berfungsi sebagai tempat keluarnya telur. Lubang yang kedua terletak di belakangnya, berbentuk bulat dan berfungsi sebagai tempat keluarnya urine

2. Warna badan dari ikan nila betina agak pucat

3. Pada saat ikan nila betina matang gonad  bagian tepi sirip tidak berubah warna dan gerakan ikan lambat.

4. Kematangan gonad ikan nila betina dapat diketahui dengan cara meraba perut dan pengamatan bagian anus, yaitu ditunjukkan dengan telur yang berwarna kuning kehijauan, bagian perut melebar, lunak jika diraba, bagian anus menonjol dan berwarna kemerahan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...