Hobi Ikan Mania: Langkah-langkah pembuatan kolam terpal ikan lele dengan kerangka bambu atau kayu

cari

Kamis, 15 Maret 2018

Langkah-langkah pembuatan kolam terpal ikan lele dengan kerangka bambu atau kayu

Di bawah ini dijelaskan beberapa langkah dalam  pembuatan kolam terpal ikan lele dengan kerangka terbuat dari bambu atau kayu adalah sebagai berikut :

a. Persiapan lahan untuk kolam terpal ikan lele, lahan dibersihkan dari benda-benda yang menggangu (misalnya, rumput dan pepohonan yang rimbun), dan ratakan tanah.

b.  Apabila tanah untuk dijadikan lahan kolam terpal ikan lele tidak rata karena miring maka tanah tersebut diratakan dengan menggunakan pelepah pisang atau sekam padi. Pelepah pisang dan sekam padi selain dapat berfungsi untuk meratakan tanah, kedua bahan tersebut dapat menstablikan suhu. 

c. Siapkan tonggak/tiang dari bambu atau kayu, kemudian tancapkan tiang utama tersebut disetiap sudut kolam terpal.

d. Untuk pembuatan kerangka, bambu atau kayu yang telah dipilih dapat di potong-potong sesuai ukuran kolam terpal ikan yang akan dibuat. Untuk menyatukan kerangka ke tiang, digunakan paku berukuran 7 atau 9 cm. selain menggunakan paku dapat pula mengikatnya dengan menggunakan tali atau kawat.

e. membuat dinding kolam terpal, dapat menggunakan bambu, kayu, atau papan. Bahan yang akan dijadikan dinding kolam terpal dibersihkan dan dipotong sesuai ukuran, kemudian dipakukan pada kerangka.

f. Apabila rangka kolam terpal  sudah terbentuk, misalnya kotak berukuran 6 x 4 x 1 m maka perlu diatur kemiringan kolam terpal  ke salah satu sudut untuk memudahkan pengeringan kolam dan pemanenan ikan.

g. Setelah kerangka kolam terpal selesai dibuat, selanjutnya memasang plastik terpal. Siapkan terpal sesuai ukuran kolam. Untuk kolam yang berukuran 6 x 4 x 1 m, digunakan terpal 8 x 6 m, sedangkan untuk kolam ukuran 4 x 5 x 1 m, digunakan terpal ukuran 6 x 7 m. Terpal dipasang dengan baik hingga merapat ke tepi. 

h. Pada salah satu sudut kolam terpal yang telah di atur kemiringannya, dipasang paralon sebagai saluran pembuangan air kolam terpal. Terpal disobek sedikit dengan cara mengguntingnya berbentuk bintang agar dapat dipasang bengkokan pipa (knee)

i. Selanjutnya, kolam terpal ikan lele diisi dengan kebutuhan pemeliharaan ikan. Kolam terpal diperiksa untuk memastikan bahwa kolam telah kokoh dan tidak ada kebocoran pada terpal.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...