Hobi Ikan Mania: kolam terpal budidaya ikan lele berdasarkan Letaknya

cari

Jumat, 09 Maret 2018

kolam terpal budidaya ikan lele berdasarkan Letaknya

Berdasarkan letaknya, kolam terpal untuk budidaya ikan lele dibagi menjadi  :

a. Kolam terpal di atas permukaan tanah.

Kolam terpal budidaya ikan lele di atas permukaan tanah adalah kolam terpal  yang di bangun/dibuat di atas permukaan tanah tanpa harus  menggali atau melubangi permukaan tanahnya. Kolam terpal jenis ini lebih cocok dibuat/dibangun pada lahan yang kekurangan sumber air, tanah yang relatif datar, dan tanah berpasir. Konstruksi kolam terpal yang dibangun di atas permukaan tanah dapat menggunakan konstruksi dari kerangka bambu, kayu, pipa besi, atau batako/batu bata.


b. Kolam terpal di bawah permukaan tanah

Kolam terpal budidaya ikan lele di bawah permukaan tanah adalah kolam terpal yang dibangun/dibuat di bawah permukaan tanah, yang dalam pembuatanya harus menggali tanah untuk memendam sebagian atau seluruh kolam terpal.

apabila kolam terpal budidaya ikan lele yang dimasukkan ke dalam hanya sebagian saja maka keliling kolamnya harus diberi kerangka dari kayu, bambu, besi, atau batu bata untuk menyangga sisi atau tepi kolam.

apabila kolam terpal budidaya ikan lele ditanam seluruhnya dalam tanah maka terpal harus diikat dengan pasak di sepanjang tepian lubang atau pada ujung terpal dilipat dan ditindih dengan batu bata, kayu, atau pot tanaman.

Kolam terpal ikan lele yang dibangun di bawah permukaan tanah, selain berfungsi menghemat air agar tidak merembes, juga mencegah berbagai organisme tanah yang melubangi kolam. Suhu air pada kolam terpal yang dibangun di bawah permukaan tanah relatif lebih stabil.

Berdasarkan dari bahan dan cara membuatnya, terutama dinding atau kerangka kolam, ada beberapa jenis kolam terpal untuk bubidaya ikan lele yaitu :

1) Kolam terpal dengan kerangka yang terbuat dari bambu, kayu, atau besi.
2) Kolam terpal dengan dinding yang terbuat dari  batako atau batu bata.
3) Kolam terpal dengan dinding tanah.
4) Kolam beton atau kolam tanah berlapis terpal.

Kolam 1 dan 2 merupakan kolam di atas permukaan tanah, kolam 3 adalah kolam di bawah permukaan tanah, sedangkan kolam 4 dapat berupa kolam di bawah permukaan tanah atau di atas permukaan tanah.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...