Hobi Ikan Mania: Kolam Pemeliharaan Induk ikan nila

cari

Senin, 19 Maret 2018

Kolam Pemeliharaan Induk ikan nila


Kolam pemeliharaan induk ikan nila adalah kolam yang digunakan sebagai wadah penampungan calon induk dan induk ikan nila sebelum ikan dipijahkan.

Kolam pemeliharaan induk ikan nila ini bertujuan sebagai tempat untuk melakukan proses pematangan gonad calon induk sebelum ikan memijah pertama kali dan induk aktif yang melakukan pematangan gonad kembali setelah induk dipijahkan. Kolam pemeliharaan induk ikan nila ini dalam kegiatan budidaya pembenihan ikan nila  sangat penting keberadaannya,  agar  telur ikan nila  berkualitas baik maka dalam areal perkolaman budidaya pembenihan perlu dipersiapkan kolam pemeliharaan induk.

Untuk memudahkan pengelolaan kolam pemeliharaan induk ikan nila, maka kolam sebaiknya berupa kolam tanah  dengan kepadatan 2 ekor/m². Jika kepadatan ikan terlalu padat maka produksi telur dan frekuensi pemijahannya akan rendah. Jumlah kolam induk dalam satu unit pemijahan sebaiknya berjumlah 2 – 4 bidang, agar induk–induk yang sudah memijah dapat dipindahkan ke kolam yang kosong/ cadangan. Induk ikan nila dipelihara pada kolam pemeliharaan induk sampai induk ikan  mengalami pematangan sel telur. Kolam pemeliharaan induk ikan nila ini bersuhu air berkisar antara 20-22 oC; kedalaman air 40-60 cm; dasar kolam sebaiknya tanah yang berpasir.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...