Hobi Ikan Mania: Klasifikasi dan Morfologi ikan Nila

cari

Sabtu, 17 Maret 2018

Klasifikasi dan Morfologi ikan Nila


Ikan Nila merupakan jenis ikan air tawar, ikan nila ini merupakan salah satu komoditi penting perikanan budidaya air tawar di Indonesia. Ikan Nila bukan asli perairan Indonesia, melainkan ikan yang berasal dari Benua Afrika tepatnya berasal dari Sungai Nil, Mesir, dan danau-danau sekitarnya. Sekarang ikan ini telah tersebar ke negara-negara di lima benua yang beriklim tropis dan subtropis.  Menurut Saanin (1984), nila (Oreochromis niloticus) mempunyai klasifikasi sebagai berikut:



     Kingdom    : Animalia
     Filum         : Chordata
    Subfilum    : Vertebrata
    Kelas          : Osteichtyes
    Subkelas   : Acanthopterygii
    Ordo          : Percomorphi
    Subordo    : Percoidea
    Famili          : Cichlidae
    Genus       : Oreochromis
    Spesies     : Oreochromis niloticus



Morfologi ikan nila (Oreochromis niloticus) yaitu memiliki tubuh bulat pipih, dan punggungnya lebih tinggi. Perbandingan panjang total dan tinggi badan tubuh ikan nila adalah 3 : 1. Mata ikan nila besar, menonjol, dan bagian tepi berwarna putih. Gurat sisi (linea literalis) terputus di bagian tengah badan kemudian berlanjut, tapi letaknya lebih ke bawah dari pada letak garis yang memanjang di atas sirip dada.

Ikan Nila memiliki lima buah Sirip, yaitu : 
1. sirip punggung (dorsal fin)
2. sirip dada (pectoral fin
3. sirip perut (ventral fin)
4. sirip ekor (caudal fin
5. sirip anal (anal fin)


Sirip punggung ikan nila memanjang dari bagian atas tutup ingsang sampai bagian atas sirip ekor. Terdapat juga sepasang sirip dada dan sirip perut yang berukuran kecil dan sirip anus yang hanya satu buah berbentuk agak panjang. Sementara itu, jumlah sirip ekornya hanya satu buah dengan bentuk membulat.

Ikan Nila memiliki pola garis-garis vertikal yang terlihat sangat jelas di sirip ekor dan sirip punggungnya. Jumlah garis vertikal di sirip ekor ikan nila ini berjumlah enam buah dan sirip pungung ada delapan buah. 

Garis dengan pola yang sama (garis vertikal) juga terdapat dikedua sisi tubuh ikan nila dengan jumlah delapan buah. 

Ikan Nila dapat hidup dan perkembang pada  perairan tawar dan menggunakan ekor untuk bergerak. Sirip perut, sirip dada dan penutup insang yang keras digunakan untuk mendukung badannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...