Hobi Ikan Mania: Bahan dan Alat Pembuatan Kolam Terpal Ikan Lele

cari

Selasa, 13 Maret 2018

Bahan dan Alat Pembuatan Kolam Terpal Ikan Lele

Berikut di bawah ini beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat kolam terpal ikan lele.

a. Plastik terpal
Bahan utama untuk membuat kolam terpal ikan lele adalah plastik terpal. Jenis terpal yang digunakan untuk membangun kolam terpal :
- terpal untuk atap tenda,
- terpal untuk menutup barang di atas mobil, atau
- plastik yang sering digunakan petani untuk menjemur padi dan jagung.


Pada prinsipnya, terpal atau plastik yang dipilih haruslah memiliki ketebalan yang memadai dan mampu menahan tekanan air. Untuk ketebalan terpal yang digunakan budidaya ikan lele  adalah terpal dengan ukuran A5 dan A6 dengan masa pemakaian mencapai 5 tahun.


b. Kayu, bambu, atau pipa
Dalam membuat rangka kolam, terutama kolam terpal yang dibangun di atas permukaan tanah, dibutuhkan bahan berupa kayu, bambu, atau pipa.
Bahan rangka dari bambu sudah umum digunakan sebagai rangka kolam terpal ikan lele. Untuk tiang rangka, sebaiknya digunakan bambu bulat, sedangkan untuk penyangga horisontal dapat berupa bambu yang dibelah.



 c. Papan, seng, atau asbes
Pada pembuatan kolam terpal ikan lele ini memanfaatkan berbagai bahan yang tersedia sehingga menghasilkan  berbagai bentuk/model kolam sesuai dengan bahan tersebut. Ada kolam yang seluruh kerangkanya, baik tiang tegak maupun horisontal berupa bambu atau kayu. Ada juga kolam yang tiang kerangka dari kayu, kemudian dengan menggunakan papan membuat dinding kolam Dinding kolam juga dapat menggunakan bambu, seng bekas, atau asbes.


 d. Pipa paralon
Pipa paralon digunakan untuk mengatur ketinggian air pada kolam  dan berfungsi untuk memudahkan pengeringan kolam. kolam terpal ikan lele berukuran 4 x 6 m, dapat menggunakan pipa paralon berdiameter 4 inci. Bila kolam yang dibangun lebih kecil, cukup menggunakan pipa paralon 2 atau 3 inci. Paralon sebaiknya dilengkapi dengan bengkokan pipa (knee)


e. Paku kawat, dan tali Paku,
kawat, dan tali digunakan untuk bahan menyambung atau memperkuat kerangka kolam pada saat di bangun.

 f. Alat kerja
Dalam membuat kolam terpal ikan lele, dibutuhkan berbagai peralatan, seperti gergaji, pahat, parang,  palu dan gunting. Untuk menggali tanah saat membangun kolam terpal di bawah permukaan tanah, dibutuhkan cangkul, sekop, dan linggis.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...