Hobi Ikan Mania: Usaha Pembesaran ikan mas pada sekat

cari

Kamis, 08 Februari 2018

Usaha Pembesaran ikan mas pada sekat

Benih ikan mas yang akan dipelihara di sekat harus mempertimbangkan beberapa faktor diantarnya faktor  arus air dan ukuran celah pada sekat.  Arus air berpengaruh terhadap gerakan ikan dalam saluran dan celah sekat perlu diperhatikan sehubungan dengan ukuran celah yang memungkinkan ikan lolos.

untuk berat benih ikan mas yang akan dipelihara di sekat sebaiknya berbobot lebih besar dari 30 g /ekor. sistem pemeliharaan benih ikan mas di sekat mirip dengan budidaya ikan mas di Kolam air deras.

benih yang ditebar pada sekat kepadatannya cukup tinggi yaitu antara 100 - 150 ekor/M2 dengan bobot benih 30 - 50 g/ekor. dan jika benih ikan mas yang ditebar memiliki berat 50 - 70 g/ekor maka padat penebaran ikan  cukup 100 ekor/M2.

Ikan mas yang dibesarkan di sekat dipelihara dengan diberi pakan buatan berupa pelet, kandungan protein untuk pakan ikan mas harus mencukupi yaitu >25%, jumlah pakan yang diberikan yaitu antara 3- 5% dari berat total ikan yang dipelihara. pakan diberikan 3 kali dalam sehari yaitu pagi, siang dan sore hari.

metode pemberian pakan dilakukan dengan pemberian pakan secara sedikit demi sedikit agar pakan tidak terbawa hanyut aliran sungai.  pemeliharaan dilakukan selama 3-4 bulan dan berat ikan mas yang dipanen  akan mencapai ukuran 300 - 350  g/ekor dengan berat benih yang ditebar awal yaitu sebesar 30 g/ekor.

Pemeliharaan  yaitu dengan cara membersihkan sampah-sampah yang menyangkut di sekat agar aliran air ke sekat menjadi lancar. 


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...