Hobi Ikan Mania: Usaha Pembesaran Ikan Mas di keramba

cari

Rabu, 07 Februari 2018

Usaha Pembesaran Ikan Mas di keramba

Untuk usaha Pembesaran ikan mas di keramba kita harus memperhatikan  dan mepertimbangkan arus air selain dari bahan keramba yang dipakai.

Arus air akan mempengaruhi terhadap gerakan ikan dalam keramba, sedangkan bahan keramba yang akan digunakan menggunakan bahan yang berkualitas dan ukuran celah atau mata jala terhadap ukuran besarnya ikan yang akan dipelihara harus lebih kecil dari ukuran ikan yang dipelihara hal ini untuk mengantisipasi agar ikan yang dibudidayakan tidak lolos dari keramba.

benih ikan mas yang akan dipelihara pada keramba sebaiknya bobotnya lebih besar dari 20 g / ekor. padat penebaran ikan pada keramba yaitu 4,5 - 5 kg/M3.

pakan yang diberikan pada ikan mas berupa pakan buatan berupa pellet dengan kandungan protein sebesar > 25%, pakan diberikan 3-5 % dari berat bobot ikan perhari. pakan diberikan jumlahnya akan berubah seiring bertambahnya ukuran benih ikan, maka untuk menentukan jumlah pakan yang diberikan   setiap 2 minggu atau setiap bulan bobot ikan ditimbang kembali untuk menyesuaikan jumlah pakan yang diberikan.

pakan diberikan dengan cara manual yaitu ditebar dengan menggunakan tangan, pakan diberikan jangan sekaligus harus diberikan sedikit demi sedikit agar pakan tidak banyak yang hanyut terbuang.
jumlah pakan yang diberikan sehari sebanyak 3 - 5 kali, yaitu pagi, siang dan sore hari.

ikan dipelihara selama 6-7 bulan benih ikan dipanen dengan berat benih ikan yang dipanen sebesar mencapai ukuran 500 - 600 g/ekor. 

Popular Posts