Hobi Ikan Mania: Syarat Hidup Ikan Gurame

cari

Jumat, 23 Februari 2018

Syarat Hidup Ikan Gurame


Pada kegiatan usaha budidaya ikan gurame, jenis tanah yang baik untuk kolam pemeliharaan ikan gurame  adalah jenis tanah : 
- liat/lempung, 
- tidak berporos 
- cukup mengandung humus

Jenis tanah yang digunakan untuk pemeliharaan tersebut dapat menahan massa air yang besar dan tidak bocor hingga dapat diubah pematang/ dinding kolam.

Kemiringan tanah yang baik untuk pembuatan areal perkolaman berkisar antara 3-5%. Kemiringan tersebut berfungsi untuk memudahkan pengairan kolam secara gravitasi. 

Ikan gurame dapat tumbuh normal dan optimal  jika lokasi pemeliharaan berada pada ketinggian 50 - 400 m dpl (dari permukaan laut).

Kedalaman kolam pemeliharaan ikan yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik ikan gurame yaitu  kedalaman kolam sekitar 70 - 100 cm dan memiliki sistem pengairannya yang mengalir baik. 

Pada pemeliharaan ikan gurame secara tradisional pada kolam khusus, debit air yang diperlukan  adalah 3 liter/ detik, sedangkan untuk pemeliharaan ikan gurame secara polikultur debit air yang ideal antara 6-12 liter/ detik. 

Derajat Keasaman air (pH) yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan gurame adalah antara 6,5-8.

Rawa di dataran rendah yang berair dalam merupakan habitat asli bagi ikan gurame. Salah satu faktor yang membedakan antara dataran rendah dan dataran tinggi adalah suhu air kolam. 

Ikan gurame akan tumbuh dengan optimal  pada suhu 25 – 28 º C. Ikan gurame sangat peka terhadap suhu rendah sehingga jika dipelihara dalam air dengan suhu < 15 º C,  maka ikan gurame tidak berkembang dengan baik dan pertumbuhan ikan akan terganggu. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...