Hobi Ikan Mania: Reproduksi Pada Ikan Betutu

cari

Minggu, 11 Februari 2018

Reproduksi Pada Ikan Betutu

Ikan Betutu merupakan ikan yang suka memijah, pemijahan ikan ini tidak mengenal musim dan dapat berlangsung sepanjang tahun. pemijahan dapat berlangsung tiga sampai empat kali memijah dalam setahun.

Pada musim penghujan tingkat keinginan memijah meningkat, waktu/periode memijah ikan ini cukup pendek, mungkin disebabkan karena diameter telur ikan betutu hampir seragam.

Pada pemijahan di alam ikan betutu memijah terjadi secara berkelompok dan mencari tempat memijah yang banyak tumbuhan airnya dan terdapat substrat yang keras untuk menempelkan telur ikan betutu ini.

Ikan betina akan menempelkan telurnya ke substrat tersebut dan ikan jantan akan membuahinya dengan spermanya, substrat tempat menempelnya telur ikan biasanya dari batu atau batang tumbuhan.  telur yang dibuahi akan menetas setelah kurang lebih 2-4 hari.

larva yang menetas berukuran 3,5 - 4 mm, setelah menetas larva masih mengandung kuning telur. Induk ikan betutu akan mulai memijah pada umur kira-kira 1 tahun (berat 200-250 g/ekor), dalam sekali pemijahan seekor induk betina sanggup melepaskan telur hinga 100.000 butir telur. 

Popular Posts