Hobi Ikan Mania: Reproduksi Ikan Mas

cari

Minggu, 04 Februari 2018

Reproduksi Ikan Mas

Ikan mas di alam memijah sepanjang tahun, secara alami waktu pemijahan ikan mas terjadi pada tengah malam hingga menjelang Fajar.

ketika memijah induk-induk ikan mas menjadi lebih agresif, ikan mas untuk memijah memilih tempat-tempat yang rimbun dengan tanaman air atau rumput-rumput yang rimbun.

Telur ikan mas bersifat menempel maka dengan itu dalam pemijahan di kolam budidaya diperlukan substrat untuk menempelkan telurnya, biasanya substrat untuk menempel telur yaitu berupa kakaban/injuk yang dipasang dan dijepit dengan bambu.



Kakaban



telut-telur ikan mas berbentuk bulat, bening dan ukurannya bervariasi menurut umur dan bobot dari induk ikan mas. ukuran diameter telur ikan mas yaitu 1,5 - 1,8 mm dengan berat sekitar 0,17 - 0,20 mg.


telur ikan mas yang telah dibuahi akan menetas sekitar 2- 3 hari. Larva yang menetas masih mempunyai kantong kuning telur (yolk sack). selama memiliki kantong kuning telur larva belum makan. setelah 2-4 hari kantong kuning telur habis dan larva mulai makan plankton berupa zooplankton seperti rotifera, moina, naupli artemia, daphnia.


ikan mas tidak termasuk jenis ikan yang merawat telur-telurnya, maka dalam kegiatan usaha pembenihan maka pembudidaya ikanlah yang merawat telur dan larva ikan mas tersebut. 

Popular Posts