Hobi Ikan Mania: Pendederan benih ikan mas

cari

Selasa, 06 Februari 2018

Pendederan benih ikan mas

Kegiatan pendederan benih ikan mas dilaksanakan ketika benih ikan berumur sekitar 5 hari. Pendederan ikan mas ini dilakukan sampai benih ikan berukuran 80 g/ekor pada saat panen.

Pendederan tahap satu dimulai ketika benih ikan mas lepas dari kolam penetasan, kegiatan pendederan ikan mas ini dapat dilakukan pada kolam tanah, sawah (minapadi) atau bak semen.

ukuran kolam untuk kegiatan pendederan ini berukuran 200 - 1.000 m2 (kolam tanah). sebelum benih ikan mas ditebar,  kolam perlu dipupuk terlebih dahulu untuk meningkatkan plankton yang berfungi sebagai pakan alami benih ikan mas. Pemupukan ini dapat digunakan pupuk organik
 atau anorganik.

apabila kolam telah siap untuk ditanam maka kepadatan benih ikan yang akan ditebar  yaitu sebesar 1.000 ekor/M2, untuk kedalam air di kolam antara 40 -50 cm. pemeliharaan benih pada kegiatan pendederan tahap satu dilaksanakan selama 12-15 hari. Selama waktu tersebut panjang benih ketika dipanen berukuran 3-5 cm. Benih dengan ukuran tersebut  sudah dapat dijual atau bisa dipelihara pada tahap pendederan selanjutnya.

Untuk kegiatan pendederan tahap dua sebelum ditanam maka kolam perlu diberi pupuk. ketinggian air pada kolam pendederan dua yaitu 60-80 cm. padat penebaran benih yang ditanam yaitu antara 100 - 200 ekor/m2. selain pakan alami yang tersedia di kolam, benih ikan juga diberi pakan tambahan berupa dedak halus/bungkil kacang, dan benih ikan mas dapat diberikan pakan buatan yang berukuran remah.


Benih ikan mas yang dipelihara pada pendederan tahap dua dapat dipanen  setelah benih dipelihara selama 30 hari, panjang tubuh benih ikan mencapai ukuran 8 - 12 cm atau seberat 10-12 gr/ekor.


Popular Posts