Hobi Ikan Mania: Pemijahan Ikan Characins

cari

Jumat, 16 Februari 2018

Pemijahan Ikan Characins

Pemijahan Ikan Characins.

Ikan Characins merupakan jenis ikan prasejarah, ikan ini berevolusi sebelum terjadinya pemisahan benua. Jenis ikan ini dapat ditemukan pada benua Afrika maupun benua Amerika latin bagian tengah dan selatan.

Kelompok dari jenis ikan Characins yang paling terkenal adalah ikan piranha merah (Serrasalmus nattereri).  Ikan dari jenis ini memijah dengan menggali lubang, Ikan jantan menggali lubang pada substrat, kemudian ikan betina akan tertarik dan akan memasukan telur dalam lubang tersebut, kemudian terjadi pemijahan, telur dari hasil pemijahan  dirawat awalnya oleh kedua induk, namun setelah sehari ikan jantan  akan mengusir ikan betina kemudian ikan jantan sendiri yang menjaga telur .

Spesies lainnya dari kelompok Characins  yaitu Splashing tetra (Copella arnoldi) ikan ini  berkembangbiak di bawah daun dari tanaman air.

Untuk pemijahan dapat dilakukan pada akuarium,  ukuran akuarium yang akan digunakan untuk pemijahan adalah 60 x  30 x 30 cm, suhu 250 C. Pada akuarium juga diberi tanaman air Java fern, atau jika tidak ada dapat diberi substrat berupa sapu pemijahan yang digantungkan di atas permukaan air.




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...