Hobi Ikan Mania: Pembesaran Ikan Mas di Kolam Air Deras

cari

Selasa, 06 Februari 2018

Pembesaran Ikan Mas di Kolam Air Deras

Umumnya benih ikan yang dipelihara pada kolam air deras yaitu benih ikan yang berukuran lebih besar sekitar > 20 g/ekor, dipilih benih ikan yang besar agar ikan mampu bertahan terhadap derasnya aliran air di Kolam air deras. Berat ideal benih ikan yang ditanam pada kolam air deras yaitu 50 g/ekor.

Padat tebar ikan yang akan ditanam pada kolam air deras perlu dipertimbangkan debit airnya. apabila semakin besar debit airnya maka semakin besar pula daya dukung (carrying capacity) Kolam Air Deras tersebut. Untuk kolam dengan luas 50 M2 padat tebar benih ikan mas yang ditanam yaitu 6 - 7 kg/M2 atau sekitar 300 - 350 kg.

Penebaran benih ikan mas sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari pada waktu cuaca teduh agar benih ikan tidak stress. ikan sebelum dimasukan ke Kolam Air deras sebaiknya diaklimatisasi/adaptasikan terlebih dahulu dengan cara menaruh kantung plastik yang berisi benih ikan ditaruh di  kolam dengan jangka waktu 10 - 15 menit, hal dilakukan untuk menyesuaikan suhu antara air kolam dengan suhu air yang ada pada kantong plastik, setelah itu benih ikan barulah dilepas ke kolam air deras.

Budidaya ikan di kolam air deras merupakan budidaya ikan secara intensif, kolam air deras memiliki debit air yang tinggi bila dibandingkan dengan kolam air tenang, debit air tinggi ini berpengaruh terhadap jumlah kandungan oksigen dalam kolam, jumlah kebutuhan oksigen pada kolam air deras lebih tinggi seiring dengan padatnya penebaran ikan. Perawatan saluran irigasi pada kolam air deras perlu diperhatikan agar debit air kolam konstan, sampah-sampah ataupun kotoran yang menyumbat pada pintu saluran pemasukan perlu dibersihkan agar air masuk ke kolam lancar.

ikan selama masa pemeliharaan di kolam,  diberi pakan buatan pelet sebanyak 3- 5 % dari bobot tubuh /hari. pemberian pakan dilakukan 3- 5 kali dalam sehari. kandungan protein pada pakan ikan haruslah baik yaitu sebesar > 25%.

lama waktu pemeliharaan ikan mas di kolam air deras yaitu sekitar 2,5 - 3 bulan dengan berat bobot ikan yang dipanen 150-200 g/ekor. 

Popular Posts