Hobi Ikan Mania: Pembenihan ikan Danio Zebra (Brachydanio rerio)

cari

Rabu, 14 Februari 2018

Pembenihan ikan Danio Zebra (Brachydanio rerio)


Pembenihan  ikan  Danio Zebra (Brachydanio rerio)



Ikan dari jenis Danio Zebra merupakan jenis ikan hias yang cukup bagus untuk diternakan, namun ikan dari jenis ini memiliki ukuran yang cukup kecil sehingga cukup sulit untuk dipijahkan bagi pemula.

proses pemijahan ditandai dengan ikan jantan mengejar-ngejar ikan betina dengan kecepatan yang sangat tinggi kemudian akhirnya ikan betina dan jantan saling mendekat dan kedua ikan tersebut membentuk huruf S. Ikan ini memiliki jenis telur yang tidak berperekat sehingga ketika memijah telur akan jatuh ke substrat akuarium. Setelah selesai memijah induk ikan dipisahkan dari wadah pemijahan. dalam satu kali pemijahan induk ikan betina dapat menghasilkan 400 butir telur. 

Perbedaan antara jenis kelamin jantan dan betina, ikan yang berkelamin jantan memiliki warna dasar keemasan disekujur tubuhnya, dan ikan betina memiliki warna dasar keperak-perakan. Induk ikan betina memiliki bentuk tubuh yang lebih montok dari pada ikan jantan.


Wadah pemijahan
Pemijahan dapat dilakukan pada akuarium berukuran 60 x 30 x 30 cm, suhu air 25-27 0 C, pada dasar akuarium diberi substrat berupa pea gravel atau susunan dua lapis kelereng, masukan juga ke dalam akuarium beberapa tanaman air yang berdaun lembut. Akuarium diberi aerasi.

Perawatan larva
larva akan berenang pada hari ketujuh, larva ini diberi pakan berupa infusoria atau pakan cair untuk anak ikan, setelah itu 7 hari kemudian benih dapat makan berupa brineshirmp. Setelah 3 minggu maka pergantian air perlu dilakukan, pergantian air dilakukan sebanyak 10%. Pada usia 8 minggu benih akan mencapai ukuran panjang 2,5 cm.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...