Hobi Ikan Mania: Makanan dan Kebiasaan makan ikan betutu

cari

Minggu, 11 Februari 2018

Makanan dan Kebiasaan makan ikan betutu

Ikan betutu tergolong kepada jenis ikan pemakan daging (carnivora). Ikan ini juga digolongkan kepada ikan pemakan yang rakus (piscivorous) dikarenakan ikan ini dapat memakan mangsa seberat bobot tubuhnya setiap hari.

sifat dari ikan betutu yang berkaitan dengan makanan dan kebiasaan makannya adalah sifat kanibalisme (saling memangsa sesama jenisnya), sifat ini dapat mulai  terlihat ketika ikan masih berukuran benih, yaitu 2 cm dengan bobot tubuh ikan 0,3 gram. dalam pemeliharaan ikan betutu untuk menghindari sipat kanibalisme maka pemeliharaan benih harus ditanam dengan benih yang berukuran seragam.

Pakan yang dimakan berubah sesuai dengan bertambahnya umur dan ukuran tubuh, ikan betutu pada stadium larva memakan plankton berupa ganggang dan hewan berukuran renik, setelah berukuran juvenil ikan betutu memakan Daphnia, Moina, Copepoda, Rotifera, Cladocera dan jentik-jentik serangga. kemudian setelah ikan menjadi dewasa maka makanannya berubah yaitu berupa jenis-jenis ikan, udang-udangan, serangga air, dan berbagai jenis siput air. 

Popular Posts