Hobi Ikan Mania: Klasifikasi Hormon Pada Ikan Berdasarkan Fungsinya

cari

Jumat, 02 Februari 2018

Klasifikasi Hormon Pada Ikan Berdasarkan Fungsinya

Pengertian dari Hormon, Hormon adalah Zat organik yang diproduksi oleh sel-sel khusus dalam badan, dirembeskan kedalam peredaran darah, dengan jumlah sangat kecil yang dapat merangsang sel-sel tertentu untuk berfungsi (Partodihatriperdjo, 1980).

Berdasarkan Fungsinya  hormon pada ikan dapat dibagi menjadi :

a. Hormon Metabolisme
    Hormon Metabolisme merupakan hormon yang berfungsi dalam proses metabolisme dan pertumbuhan pada ikan.

Contohnya growth hormon (GH) dan tiroxin yang berperan dalam metabolisme disamping fungsinya sebagai hormon pertumbuhan.

Hormon yang tergolong dalam kelompok hormon metabolisme adalah : prolaktin, androgen, estrogen, progesterone, glucagons, dan insulin.



b. Hormon Perkembangan

Hormon perkembangan pada ikan merupakan hormon yang berperan di dalam perkembangan dan pertumbuhan serta biologi reproduksi ikan.

hormon yang tergolong kategori hormon perkembangan adalah hormon-hormon yang dihasilkan oleh kelenjar gonad, misalnya estrogen, progesterone,  relaxin dan androgen.


c. Hormon yang mengatur metabolisme air dan mineral.

Hormon ini kebanyakan dihasilkan oleh kelenjar parathyroid. Hormon ini mengatur homeostatis mineral terutama kalsium dan fosfor. bila adanya peningkatan produksi hormon parathyroid akan mengakibatkan meningkatnya kalsium di dalam serum dan akan terjadi meningkatnya eksresi fosfor melalui air seni.


d. Hormon Pengatur system kardiovaskuler
Hormon yang berfungsi sebagai pengatur system kardiovaskuler, misalnya hormon epinephrine yang dihasilkan oleh bagian medulla dari kelenjar adrenal.



e. Hormon trofik
Hormon trofik ini berfungsi untuk merangsang kelenjar endokrin agar kelenjar endokrin tersebut menghasilkan hormon juga.
Hipofisa, misalnya yang dikategorikan sebagai hormon trofik.  hormon tersebut adalah perangsang kelenjar tyroid (TSH), perangsang folikel (FSH), hormon penguning (LH) yang mengatur produksi progesterone pada ikan betina dan testosteron pada ikan jantan. 



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...