Hobi Ikan Mania: Budidaya Pembesaran Ikan Mas di tambak

cari

Sabtu, 10 Februari 2018

Budidaya Pembesaran Ikan Mas di tambak

Ikan mas merupakan jenis ikan air tawar yang bisa hidup pada air payau di muara-muara sungai, dan ikan mas ini masih bisa bertahan hidup hingga salinitas 30 ppt.

Penyesuaian terhadap salinitas air payau dilakukan tidak secara sekaligus, benih ikan mas sebelum ditebar ke tambak perlu diadaptasikan terlebih dahulu secara bertahap terhadap salinitas tambak.

Pengadaptasian ikan mas terhadap salinitas air payau, benih ikan mas ditampung dalam sebuah bak. Setelah benih ikan mas ditampung dalam bak kemudian air laut masukan sedikit-demi sedikit sampai mencapai salinitas yang diinginkan dalam waktu 1 - 2 hari. interval salinitas air dinaikan 3 - 4 ppt dalam tiap-tiap 8 -10 jam.  pada tambak ditebar benih ikan mas dengan kepadatan 25 - 30 ekor/M2 dengan bobot benih ikan mas 10 - 20 g /ekor atau ukuran panjang 8 - 12 cm.


ikan diberi pakan buatan berupa pelet dengan kandungan protein 26 - 28 % sebanyak 3- 5 % dari bobot ikan yang ditanam.  pakan diberikan 3 kali sehari pagi, siang dan sore. Ikan mas dipelihara sekitar 3 - 3,5 bulan dengan bobot panen ikan 150 - 200 g/ekor. dan apabila pemeliharaan ikan dilakukan selama 4- 4,5 bulan, ikan mas dapat mencapai ukuran 250 - 300 g/ekor.

Popular Posts