Hobi Ikan Mania: Budidaya ikan Weitzman'S Sailfin Characin

cari

Rabu, 21 Februari 2018

Budidaya ikan Weitzman'S Sailfin Characin

Budidaya ikan Weitzman'S Sailfin Characin (Poecilocharax weitzmani), merupakan jenis ikan hias yang memiliki warna dasar kuning keemasan dihiasi dengan  warna hitam dan putih yang melintang dari kepala sampai ekor.

Perbedaan jenis kelamin jantan dan betina.
Pada ikan jantan memiliki sirip anal dan sirip dorsal jauh lebih lebar dibandingkan pada ikan betina, warna tubuh pada ikan jantan lebih berwarna-warni sedangkan yang betina tidak.

Wadah pemijahan
Pemijahan ikan dilakukan pada akuarium dengan ukuran akuarium 30 x 20 x 20 cm, air pada akuarium bersuhu 250C, pH kurang dari 6,5. Pada akuarium diberikan substrat berupa Tanaman Java Moss, substrat gambut paya, pot kecil yang terbuat dari tanah liat dengan diameter bawahnya 7,5 cm dan pot diberi  lubang dengan diameter kira-kira 3 cm kemudian  pot diletakan dengan posisi terbalik dekat sisi depan akuarium.

pemijahan
sepasang induk jantan dan betina yang siap memijah dimasukan ke dalam akuarium, ikan jantan akan berada sekitar pot dan ikan betina mencari lokasi yang tepat disekitar tanaman java moss, induk betina akan masuk kedalam pot bersama induk ikan jantan, kemudian akan terjadi proses pemijahan ikan betina akan mengeluarkan telur  dan telur tersebut menempel pada dinding pot bagian dalam. ikan jantan akan menjaga pintu masuk pot dan ikan betina merawat telur-telur dan burayaknya.

dalam jangka waktu 4 hari telur akan menetas dan setelah beberapa hari kemudian larva akan berenang keluar dan bersembunyi diantara rimbunan tanaman java moss. setelah itu sebaiknya anda memisahkan induknya dari larva ikan tersebut untuk menghindari dimakan oleh induknya. larva ikan diberi pakan berupa infusoria

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...