Hobi Ikan Mania: Budidaya Ikan Hias Cherry Barb. (Barbus titteya)

cari

Selasa, 13 Februari 2018

Budidaya Ikan Hias Cherry Barb. (Barbus titteya)


Cherry Barb.
Barbus titteya, merupakan Jenis ikan air tawar yang sering dijadikan sebagai ikan hias, ciri-ciri dari ikan ini adalah memiliki warna yang merah dengan garis hitam yang melintang disepanjang kepala sampai ujung ekor.

Perbedaan antara ikan jantan dan betina, ikan yang masih kecil belum dewasa sulit membedakaan antara ikan jantan dan betina, tetapi apabila ikan telah dewasa untuk ikan jantan warna merah lebih banyak  dan tersebar merata di sekujur tubuhnya.

Pemijahan.
Proses pemijahan dapat dilakukan pada akuarium dengan ukuran 60 x 30 x 30 cm, pada akuarium diperlukan substrat berupa tanaman air, derajat keasaman /pH untuk air akuarium yaitu   6,8. Suhu air akuarium  26-270C.

Proses pemijahan ditandai dengan induk jantan mengejar-ngejar pasangannya, sambil menari-nari dan memamerkan siripnya yang berwarna mencolok. Ikan jantan pada akhirnya membawa pasangan betinanya kedalam kumpulan tanaman untuk memijah, telur-telur ikan tersebut mengantung pada dedaunan tanaman air.  Setelah proses pemijahan selesai induk perlu dipisahkan dari telurnya untuk menjaga agar telur ikan tidak dimakan kembali oleh induknya.

Perawatan larva
Telur -telur ikan akan menetas setelah kurang lebih 2 hari. Pakan yang diberikan pada larva ikan berupa infusoria





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...