Hobi Ikan Mania: Beberapa Jenis Ikan Mas yang ada di Indonesia

cari

Sabtu, 03 Februari 2018

Beberapa Jenis Ikan Mas yang ada di Indonesia

Ikan Mas merupakan ikan air tawar yang dibudidayakan dengan tujuan untuk dikonsumsi ataupun hanya untuk dijadikan sebagai ikan hias.







di Indonesia ada beberapa jenis ikan mas diantaranya yaitu :


1. Punteun
Ikan Mas jenis ini dikembangkan di daerah Punteun Malang Jawa Timur, Ikan jenis punteun memiliki badan yang relatif pendek / berbadan tipe membuntak. Ikan mas jenis ini memiliki warna sisik hijau gelap pada tubuhnya.


2. Majalaya

Jenis ikan mas Majalaya ini berkembang di daerah Majalaya Bandung. Ikan mas ini merupakan salah satu jenis ikan mas varietas yang unggul. Ikan Mas Majalaya memiliki fekunditas telur yang tinggi, antara 84.000 - 110.000/Kg/induk.
Jenis ikan mas Majalaya ini memiliki badan yang pendek, punggung tinggi, membungkuk dan tipis, warna sisik ikan mas Majalaya berwarna  hijau keabu-abuan dengan tepi sisik berwarna gelap.

3. Merah
Ikan mas jenis ini memiliki badan yang relatif panjang, bagian punggung ikan berbentuk tidak lancip. Ikan mas jenis ini memiliki sisik yang berwana merah kekuninan pada tubuhnya.


4. Taiwan
jenis ikan mas dengan varietas Taiwan ini memiliki badan agak menonjol dengan penampang pada punggung ikan mas ini agak membulat.



5. Sinyonya

Jenis ikan varietas Sinyonya dikenal juga dengan nama Putri Yogya, jenis ikan mas ini memiliki badan yang relatif panjang. pada sisik ikan berwarna kuning muda, ikan yang umurnya masih muda matanya agak menonjol sedangkan setelah ikan Mas  berumur dewasa matanya berubah menjadi sempit. ikan mas Sinyonya memiliki jumlah telur yang dapat dihasilkan pada induk betina yaitu berjumlah  114.000 - 155.000 butir telur.




6. Lokal

Ikan mas jenis lokal ini merupakan jenis ikan mas yang dihasilkan dari  perkawinan silang diantara berbagai varietas ikan mas yang ada di Indonesia dan perkawinan ini juga tidak terkontrol.




7. Kumpay 

Jenis ikan Mas ini banyak dijadikan sebagai ikan hias,  varietas kumpai ini disebut juga Cyprinus carpio var  flavipinis. Ikan dengan varietas kumpai ini selain dikonsumsi di masyarakat banyak dijadikan sebagai ikan hias yang dipelihara pada kolam-kolam di depan rumah.


8. Kaca
Jenis ikan mas ini juga banyak dijadikan sebagai ikan hias, jenis ikan mas ini dicirikan dengan badan ikan mas sebagian tertutup kaca dan sebagiannya lagi tertutup oleh sisik.



9. Yamato
jenis ikan mas yamato ini memiliki bentuk tubuh yang relatif panjang, memiliki sisik penuh dan berwarna kecoklatan, jenis ikan mas yamato bentuk tubuhnya kecil dan memiliki pertumbuhan yang relatif lambat sehingga jenis ikan mas ini kurang diminati oleh masyarakat.


10. Kancra domas
Varietas ini memiliki badan yang relatif panjang dan memiliki sisik penuh, ukuran sisik ikan mas kancra domas kecil dan sisiknya tidak teratur, jenis ikan mas ini banyak dijadikan sebagai ikan hias oleh masyarakat. sisik berwarna macam-macam ada yang biru, cokelat, dan hijau.


11. Fancy
Jenis ikan mas ini dikenal sebagai ikan hias, warna sisik ikan mas ini bermacam-macam ada kuning putih dan lain sebagainya, ikan mas Fancy ini memiliki totol-totol yang berwarna hitam pada tubuhnya.


12. Koi. 
jenis ikan mas ini merupakan jenis ikan mas yang populer sebagai ikan hias, bentuk badannya yang bulat dan panjang bersisik penuh, ikan Koi memiliki warna yang bermacam-macam ada putih, kuning, corak merah, dan lain-lain.  
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...