Hobi Ikan Mania: Jenis-jenis ikan lele yang biasa dibudidayakan.

cari

Selasa, 02 Januari 2018

Jenis-jenis ikan lele yang biasa dibudidayakan.

Jenis-jenis ikan lele yang biasa dibudidayakan.

1. Lele Dumbo
Ikan Lele Dumbo merupakan ikan yang keberadaannya sudah dikenal sejak dulu ikan lele dumbo ini merupakan  hasil persilangan dari lele lokal asli Taiwan (Clarias fuscus) dengan lele lokal Afrika (Clarias gariepenus).

Lele dumbo ini masuk ke Indonesia pada tahun 1986.

Ikan Lele Dumbo memiliki beberapa Karakteristik yaitu, berukuran besar, mudah dipelihara, cepat beradaptasi, jumlah telur yang dihasilkan banyak, pertumbuhan cepat dan tahan terhadap serangan penyakit.

2. Lele Phyton

Ikan Lele Phyton ini adalah hasil rekayasa perbaikan mutu induk lele yang berasal dari pemijahan silang Induk Lele Betina X Thailand (Lele D89F2) dengan Induk Jantan Lele lokal.

Jenis ikan lele Phyton ini memiliki kelebihan yaitu daha tahan hidupnya yang tinggi, memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat dan fekunditas telur yang banyak.

3. Lele Sangkuriang
Lele sangkuriang merupakan jenis ikan lele hasil dari perbaikan genetik melalui rekayasa, perkawinan silang antara induk betina generasi kedua (F2) lele dumbo dengan induk jantan generasi ke enam (F6) lele dumbo. Hasil perkawinan tersebut menghasilkan keturunan kemudian dijadikan induk dan dikawin silangkan dengan Lele dumbo Induk betina generasi kedua (F2) sehinga dari kawin silang tersebut menghasilkan keturunan ikan lele yang disebut lele sangkuriang. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...