Hobi Ikan Mania: Jenis Ikan Arwana Berdasarkan Asal Usulnya

cari

Kamis, 18 Januari 2018

Jenis Ikan Arwana Berdasarkan Asal Usulnya

Jenis Ikan arwana sedikitnya ada 10 jenis yang berasal dari berbagai negara. Secara umum ikan Arwana berasal dari empat wilayah yaitu berasal dari :  Asia Tenggara, Australia, Afrika dan Amerika Latin.



1. Ikan Arwana dari Indonesia

Super Red
Ikan Arwana Super Red Merupakan Jenis ikan Hias yang berasal dari Indonesia, hidup di perairan umum sungai Kapuas dan Danau Sentarum di Kalimantan Barat.


Super Red Arwana


ikan Super Red merupakan ikan hias yang paling disukai karena memiliki warna yang indah dengan sisik-sisiknya yang tersusun rapi.

Super Red terdiri dari beberapa jenis diantaranya yaitu : Chilli red, Blood Red, Orange red, Golden red.


Arwana Red Tail Golden (Golden Red) 
Merupakan jenis ikan arwana asli indonesia yang berasal dari daerah pekan baru Riau.


Golden Red Arwana



Red Tail Golden terdiri atas beberapa warna dasar, yaitu blue base, green base, dan gold base.

ikan Golden Red memiliki ciri sisik berwarna keemasan dari sisik bagian bawah hingga sisik baris keempat atau kelima. pada bagian punggungnya berwarna kehitaman.

Arwana Red Banjar
Arwana Red Banjar merupakan jenis Arwana sisik perak yang berasal dari daerah Sungai Kapuas dan Barito, Kalimantan. Indonesia.

Ikan ini memiliki bentuk kepala yang bulat, warna siripnya oranye pucat dan ekor berwarna kuning atau oranye.

Arwana Hijau (Golden Pino/Pino/Green Arwana)



Ikan Arwana Hijau merupakan jenis ikan arwana yang berasal dan terdapat di darah Kalimantan dan beberapa negara Asia lainnya (Malaysia, Thailand, dan Kamboja).


2. Arwana yang berasal dari Malaysia

Crossback Golden (X Back Golden)
Crossback Golden  merupakan salah satu jenis ikan dari arwana golden. Ikan ini dinamakan Crossback Golden karena ikan ini apabila dewasa akan muncul ring di sepanjang punggung arwana ini.

Warna dasar pada ikan Crossback Golden terdiri atas beberapa jenis, yaitu blue base, purple base, silver base, dan gold base.

Black Golden
Ikan Arwana Black Golden merupakan salah satu jenis ikan yang termasuk jenis arwana golden. Ikan Arwana Black Golden berasal dari daerah Johor, Perak, Trengganu, dan bukit merah.

Ikan ini memiliki warna emas yang dibalut sisik tebal yang berwarna hitam.


3. Arwana yang berasal dari Australia

 Ikan Arwana yang berasal dari daerah Australia ini disebut juga dengan Arwana Jardini. Arwana Jardini juga sering disebut juga sebagai Arwana Irian, ikan ini banyak ditemukan di daerah sungai Merauke, Papua.

Jenis ikan ini terdiri atas dua jenis. yaitu Arwana yang memiliki warna dasar yang lebih gelap dan
Arwana yang memiliki warna dasar yang lebih terang.


4. Arwana Brazil

Arwana Silver
Ikan ini merupakan jenis ikan hias yang berasal dari Brazil. ini arwana ini memiliki  warna perak / silver disepanjang tubuhnya. ikan Arwana silver banyak terdapat dipasaran dan memiliki harga yang murah.
Arwana Hitam
Ikan Arwana ini memiliki bentuk tubuh yang sama dengan Arwana Silver perbedaanya terdapat dari warna tubuhnya yaitu berwarna abu-abu kehitaman.


Popular Posts