Budidaya Sepat Mutiara

Ikan Sepat mutiara dengan nama latin Trichogaster leeri  memiliki nama dagang Pearl Gouramy atau Mosaic Gouramy merupakan ikan yang berasal dari Kalimantan, Sumatera,  Malaysia dan Thailand.

Ikan ini bersifat omnivora  dan hidup pada lingkungan perairan dengan suhu air 26 - 28 derajat celcius, pH 6,5 - 7 dan kekerasan air 6 - 8 derajat dH.

Ukuran panjang tubuh ikan ini dapat mencapai 12 cm. ikan ini memiliki ciri-ciri yaitu warnanya biru muda dengan violet terang. pada seluruh tubuhnya dipenuhi totol-totol putih seperti mutiara dengan pola mozaik. pada saat ikan ini mulai birahi maka warna bagian perut jantan menjadi oranye.

dalam hal cara pemijahan ikan sepat mutiara sama dengan pemijahan yang dilakukan pada ikan Dwarf Gouramy, namun ada perbedaan dalam hal merawat telurnya, yaitu ikan ini sangat setia merawat telur-telurnya.

karena sangat setia merawat telur-telurnya maka pemisahan induk jantan dan betina dengan anaknya dilakukan setelah larva mulai bisa berenang atau sekitar usia 1 minggu.

benih ikan sepat mutiara yang dipelihara dapat dijual ke pasaran apabila telah mencapai panjang 4 cm atau ikan sudah berumur 3,5 bulan.


Total Tayangan Halaman

Postingan populer dari blog ini

Pemijahan Ikan Lele

Ciri-ciri Morfologi ikan gurame

Kekurangan dan kelebihan kolam tanah dan kolam tembok dalam berbudidaya ikan