budidaya ikan Thick Lipped Gouramy

Thick Lipped Gouramy (Colisa Labiosa) merupakan ikan  yang berasal dari daerah Birma.
meskipun ikan ini memiliki nama dagang gouramy, namun ikan ini termasuk jenis ikan sepat.

ukuran panjang tubuhnya dapat mencapai 8 cm. ikan ini memiliki sipat omnivora dan dapat hidup pada suhu 26-280c. pH 6,5 - 7, dan kekerasan air 100dH.

ikan ini memiliki ciri-ciri yaitu berwarna cokelat bergaris biru disepanjang tubuhnya. Warna pada sirip punggungnya biru sedikit oranye, pada sirip perut berwarna kuning biru dengan ujungnya berwarna merah, ekor berwarna biru. Untuk jenis ikan betina warna nya kurang cerah, terutama warna pada sirip.

perkembangbiakan sama dengan ikan cupang yaitu induk jantan akan membuat sarang dari busa dan akan memijah ketika dimasukan induk betina. ada sedikit perbedaan cara pemijahan dengan ikan cupang ikan Thick Lipped Gouramy induk betinanya yang meletakan telurnya pada busa tanpa dijatuhkan. telur ikan ini mengapung dan induk jantan hanya menungguinya.

Setelah proses pemijahan selesai induk betina diambil dari tempat pemijahan dan induk jantan dibiarkan untuk merawat telur sampai menjadi larva yang bisa berenang.

Telur akan menetas setelah sehari dan akan berenang bebas setelah 5-6 hari. untuk pakan larva yang baru menetas diberikan Infusoria. setelah beberapa hari kemudian larva diberikan pakan berupa kutu air saring.

pembesaran ikan ini dapat dilakukan pada bak ataupun akuarium, pakan yang diberikan pada proses pembesaran berupa cacing sutera atau cuk.

Ikan ini dapat dijual apabila panjang tubuh ikan ini mencapai ukuran 4 cm atau berumur 2,5 bulan.

Total Tayangan Halaman

Postingan populer dari blog ini

Pemijahan Ikan Lele

Ciri-ciri Morfologi ikan gurame

Kekurangan dan kelebihan kolam tanah dan kolam tembok dalam berbudidaya ikan