Hobi Ikan Mania: budidaya ikan Ramiresi

cari

Rabu, 03 Januari 2018

budidaya ikan Ramiresi

ikan Ramiresi (Apistograma ramirezi) merupakan jenis ikan yang berasal dari Venezuela dan Kolombia.
ikan ini bersifat omnivora dan tergolong sebagai ikan yang pemalu. disebut sebagai ikan pemalu karena kesenangannya bersembunyi dalam lubang sehingga perlu tempat persembunyian  dalam wadah pemeliharaan.

Panjang tubuh maksimal ikan ini yaitu mencapai sekitar 6 cm. memiliki warna tubuh merah tua yang ditutupi garis melintang warna biru yang samar di semua tubuh.
Pada sirip berwarna merah dengan dilengkapi warna agak pelangi.

Parameter kualitas air untuk budidaya ikan yaitu, suhu antara 27 - 29 derajat celcius, pH 6,5 - 7,0 kekerasan air 3 - 7 derajat dH.

pemijahan ini dapat dilakukan secara masal dengan perbandingan antara induk jantan dan betina 1 : 1. Air untuk pemijahan ikan Ramiresi pH nya agak asam, sekitar 6,5.

perbedaan antara induk jantan dan betina yaitu pada induk jantan ditandai dengan warna tubuh sangat cerah dan sirip sedikit lebih panjang, sementara untuk induk betina yang akan siap untuk dipijahkan ditandai dengan pada bagian perutnya tampak lebih gendut.

Sarang yang disimpan pada wadah pemijahan dapat terbuat dari pot bunga yang dimiringkan atau sarang terbuat dari potongan paralon.

pada proses pemijahan telur akan disembunyikan dalam sarang melalui lubang kecil. telur dari hasil pemijahan akan menetas dalam jangka waktu 2-3 hari. setelah menetas dan larva berenang maka larva diberi pakan berupa infusoria, rotifera, ataupun kutu air halus.

induk akan mengasuh larva yang menetas tersebut dalam jangka waktu 15 hari.  Kemudian setelah 15 hari anak-anak ikan tersebut dipisahkan dari induknya.

pada proses pemeliharaan benih maka benih diberi pakan berupa kutu air saring atau cacing sutera, pakan berupa pelet halus dapat juga diberikan pada benih ikan. ikan akan dipanen atau dijual setelah ikan  mencapai panjang 2,5 cm atau dalam waktu pemeliharaan 3 - 4 bulan. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...