Hobi Ikan Mania: Budidaya Badis-badis

cari

Kamis, 04 Januari 2018

Budidaya Badis-badis

Ikan Badis-badis atau Dwarf Camelon (Badis-badis) merupakan ikan yang berasal dari Birma dan India, ikan  ini sangat populer dan disenangi oleh pemilik akuarium karena ikan Badis-badis memiliki warna yang cemerlang.

panjang ikan ini dapat mencapai ukuran 9 -10 cm,  ikan ini bersipat omnivora. Parameter kualitas air untuk pemeliharaan ikan ini yaitu suhu 25-28 derajat celcius, pemijahan pH air sekitar 6,5 - 7,0 dan kekerasan air 6-10 derajat dH. Tempat pemeliharaan dipelihara pada wadah yang agak gelap. 

perbedaan induk jantan dan betina yaitu tubuh induk ikan jantan lebih besar dan lebih panjang dari pada ikan betina. warna tubuh ikan jantan lebih cerah dibandingkan dengan warna tubuh ikan betina. 

pemijahan, pada tempat pemijahan ikan perlu dilengkapi sarang yang tebuat dari bekas pot bunga yang dimiringkan atau potongan paralon berdiameter 1,5 - 2 inchi yang disusun secara horizontal.  telur dari hasil pemijahan akan dilekatkan pada lubang-lubang paralon. 

penetasan telur sebaiknya ditetaskan pada tempat yang terpisah untuk menjaga agar telur tidak dimakan oleh induknya. Dalam jangka waktu 2-3 hari telur akan menetas, pakan larva ikan ini diberi pakan berupa infusoria. setelah 2 hari maka larva mulai diberi kutu air saring. 

Dalam proses pembesaran ikan benih dapat diberi cacing sutera. untuk  mencapai ukuran induk dibutuhkan pemeliharaan selama 6 bulan, dan untuk mencapai ukuran jual cukup memerlukan waktu pemeliharaan selama 3 bulan atau sudah mencapai ukuran 2,5 cm.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...