Postingan

Menampilkan postingan dari Juni 4, 2017

arwana golden red

Gambar

Jenis - Jenis ikan budidaya di air tawar

Ikan Populer
diantara ikan-ikan air tawar yang dibudidayakan ada beberapa spesies yang termasuk kedalam jenis ikan yang populer dibudidayakan pada air tawar diantaranya yaitu :
1. Ikan Mas
2. Ikan Nila
3. Ikan Lele
4. Ikan Gurame
5. Ikan Patin
6. Bawal Air Tawar
7. Tawes
8. Baung
9. Betutu
10. Jelawat
11. Nilem
12. Mujair
12. Belut
14. Sidat
15. Bandeng
16. Kakap Putih

Ikan Prospektif
Jenis ikan yang prospektif yaitu
1. Belida
2. Betok
3. Baster
4. Gabus
5. Karper Rumput
6. Lampan
7. Lalawak
8. Mola
9. Semah
10. Sepat
11. Tambakan
12. Toman


Kompetitor pada ikan budidaya

Kompetitor             Masuknya jenis organisme lain ke kolampemeliharaan selain menjadi pesaing untuk mendapatkanpakan juga akan menyebabkanterjadinyakompetisiuntukmemperolehoksigendanruang gerak. Contoh hama kompetitor pada ikan yang dipelihara di kolam, antara lain:yuyu(Saesarma spp.),kepiting(Scylla serrata),katak(padafaseberudu),belut,keongdansebagainya. Pengendalian:
Seperti halnya pada kelompok predator dan/atau pemangsa, beberapa kompetitor dapatdikendalikan secara mekanis maupun kimiawidengan menggunakan bahan herbal yang sudah terbuktikhasiatnya.

Hama Ikan (Serangga Air)

Serangga Air      Sebagian serangga air, salah satu stadia atauseluruh siklus hidupnya merupakan pemangsa ataubahkan predatorbagilarvadanbenihikan yang ukuran dan umurnya  masih kecil. 
    Pemangsaini,adayanghidupdiairbersamaikanyangdipeliharadanadapulayanghidupdidarat. Mereka memakan langsung benih ikanhidupdanadapulapemangsayanghanyamenghisapdarahataucairantubuh ikan.

Beberapa contoh serangga air tersebutantara lain : kini-kini (larva capung Odonanta danAnisoptera); ucrit (Peupeundeuyan) dari larvaCybister (kumbang air); kelompok ordo HemipterayaituNotonecta spp.(bebeasan), Corixa spp.(FamiliCorixidae), Nepa spp. (Famili Nepidae), BelestomaIndicum(FamiliBelestematidae)danlintah.
Odonata dan Anisoptera(Capung) A.  Karakteristik Hama : -Capung banyak ditemukan di sekitarkolam yang tidak mengalir (stagnan),dan meletakkan telur di permukaan air.Nimfa/larva capung hidup dan menempeldi tanaman air. Ukuran larva capung(kini-kini) 2 cm, danmerupakan predator benih ikan.Larva capung dapat menyeba…

Hama Ikan (Burung)

Hama Ikan (Burung)
A.  Karakteristik Hama : -    Burung pemangsa ikan biasanya melakukan perburuan secara berkelompok.
B.  Pengendalian : -     Pengawasan terhadap keberadaan koloni burung.   -     Melakukan pengusiran jikamelihat kehadiran burung. -    Mengurung unit perkolaman secaralengkap dengan jaring. Metode ini cukupefektifuntukunityangberukurankecil, namun sangat mahal untuk unitperkolamanyang  berukuranbesar.
-    Membuat penghalang dari bambu dandiberirumbai/talipitayangmemantulkancahaya di atas kolam. Atau denganmenyingkirkan dahan/ranting pohon disekitarkolam

Pengikut