Ikan Lyretail

Ikan Lyretail dengan nama latin Aphyosemion sp merupakan jenis ikan hias yang berasal dari Afrika bagian barat dan tengah. Habitat asli ikan ini adalah perairan tenang dengan hutan yang lebat disekelilingnya.

Kondisi kualitas air yang cocok untuk budidaya ikan ini adalah suhu 23 - 25 derajat celcius, pH air 6,4 - 6,7 dan kekerasan 1 - 3 derajat dH.

Ikan Lyretail dapat mencapai ukuran panjang 5 cm. warna tubuhnya umumnya berwarna biru, merah, dan kuning dengan bintik berwarna antara ketiga warna tersebut di atas sepanjang badan, termasuk sirip-siripnya. Misalnya warna dasar biru bebercak merah menyala.



Pemijahan  ikan ini dilakukan secara masal, perbandingan antar ikan jantan dan betina yaitu 1 : 2-3  ekor. Pada wadah pemijahan dapat diberikan sarang yang terbuat dari Mop rafia. Mop rafia ini berfungsi sebagai tempat menempelnya telur – telur ikan. 

Waktu penelurannya cukup lama, yaitu sekitar 10-15 hari. Telur-telur ikan dapat diambil untuk ditetaskan dalam wadah terpisah atau telur dibiarkan bersama induknya sampai telur tersebut menetas dan sampai larvanya berenang.  larva diberi pakan berupa infusoria.

Total Tayangan Halaman

Postingan populer dari blog ini

Pemijahan Ikan Lele

Ciri-ciri Morfologi ikan gurame

Kekurangan dan kelebihan kolam tanah dan kolam tembok dalam berbudidaya ikan