Budidaya Ikan Silver Dolar

Budidaya Ikan Silver Dolar

Ikan Silver  Dolar dengan nama latin (Metynnis hypsauchen) merupakan ikan yang berasal dari sungai Amazon, Amerika Selatan. Ikan ini memiliki sipat herbivora pemakan tumbuhan, Warna tubuh ini berwarna keperakan dan gerakannya aktif.

Di alam ikan ini menyukai lingkungan yang teduh, suhu optimum untuk kehidupan ikan ini yaitu berkisar antara 25 – 28 derajat celcius, pH 6,5 – 7,0 dan kekerasan air 10 derajat dH.

Pada proses pemijahan diperlukan air bersih. Induk yang akan dipijahkan dipelihara dan diberi pakan cacing dan jentik nyamuk, selain diberi pakan cacing dan jentik nyamuk induk akan senang bila diberi pakan sayuran seperti selada air. Selada air ini dapat membantu dalam meningkatkan kualitas telur ikan.

Ciri antara ikan jantan dan betina adalah

-          - Tubuh ikan jantan lebih langsing
-          - Pada ikan jantan pada sirip perut ditandai dengan warna yang sedikit kemerahan.
-         -  Pada ikan betina warna sirip perut nampak lebih merah.
-          - Bentuk sirip pada ikan jantan agak segitiga membulat, dan pada ikan betina tumpul lurus.

Proses pemijahan terjadi secara berpasangan. Pemijahan ikan ini dapat dilakukan pada akuarium. Telur ikan ini diserakan di dasar akuarium sehingga pada proses pemijahan ikan ini tidak memerlukan substrat.  

Proses pemijahan ditandai dengan saling kejar kejaran antara induk jantan dan betina pada akuarium. Bila ikan sudah tenang maka hal itu dijadikan sebagai tanda bahwa induk telah selesai berpijah.   Waktu pemijahan ini terjadi pada pukul 8.00 – 11.00.

Setelah proses pemijahan ini selesai maka telurnya dapat diambil untuk ditetaskan. Pengambilan telur ini butuh ketelatenan.

 Untuk ketinggian air pada tempat pemijahan cukup 15 cm.

Bak penetasan perlu diberi aerasi, telur ikan akan menetas setelah umur 2-3 hari. Larva ikan akan berenang setelah menetas. Bila larva sudah menetas maka air dapat diganti separonya. Larva diberi pakan berupa infusoria atau artemia. Setelah berumur 3-4 hari pakan diberikan berupa kutu air. 

Pengikut

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Morfologi ikan gurame

Kekurangan dan kelebihan kolam tanah dan kolam tembok dalam berbudidaya ikan

foto Ikan Nila yang mati akibat kondisi air yang buruk

Klasifikasi dan Morfologi ikan Cucut (Rhizoprionodon acutus)

ciri ikan sidat

Edwarsiellosis

Budidaya Mina Ayam