Hobi Ikan Mania: Budidaya Ikan Severum

cari

Sabtu, 30 Desember 2017

Budidaya Ikan Severum

Ikan Severum dengan nama latin Cichlasoma severum merupakan ikan yang berasal dari Guyana, Rio Negro, Sungai Amazon. ikan ini memiliki sifat sedikit Karnivora mengarah ke omnivora.
Jenis ikan hias Severum ini merupakan jenis ikan hias yang memiliki ukuran cukup besar dan dapat mencapai panjang tubuh sekitar 15 cm.

ikan ini memiliki warna tubuh kuning kehijauan dan memiliki warna yang sangat cerah sekali. untuk ukuran sirip punggung dan sirip perut pada jenis kelamin betina lebih panjang dan runcing dibandingkan dengan yang jantan.

parameter kualitas air untuk budidaya ikan ini adalah
suhu 27 - 300 C
nilai pH 6,5 - 7
kesadahan air sekitar 30  dH

dalam proses pemijahan ikan sama tehniknya dengan pemijahan ikan Oskar. namun perbedaannya ikan ini membutuhkan pakan hidup (anak ikan/udang) yang lebih banyak saat masih ukuran calon induk. apabila pakan yang diberikan kurang maka induk akan mudah sakit dan akan menghasilkan telur yang berkualitas jelek.

untuk sarang dapat terbuat dari batu datar, potongan keramik, atau potongan paralon besar. induk jantan dan induk betina akan membersihkan sarang sebelum memijah.

setelah proses pemijahan selesai maka telur ikan bersama dengan sarangnya diambil untuk ditetaskan secara terpisah pada akuarium atau pada kolam kecil.

penetasan telur ikan akan terjadi setelah 2 - 3 hari dan larva nya akan berenang setelah 4 hari kemudian. Ukuran larva ikan Severum cukup besar sehingga larva dapat diberi pakan berupa kutu air atau cacing sutera.

Pakan dalam pembesaran ikan diberi cacing sutera dan anak ikan ukuran kecil. untuk pemberian pakan berupa udang kecil diberikan setelah benih ikan berukuran 3-4 cm.

pemberian udang ini dilakukan untuk memunculkan warna merah. ikan dijual setelah berukuran 4 cm dengan lama pemeliharaan selama 3 bulan.





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...