Hobi Ikan Mania: Budidaya Ikan Rasbora

cari

Sabtu, 03 Februari 2018

Budidaya Ikan Rasbora

Ikan Rasbora atau Harlequin dengan nama latin Rasbora heteromorpha merupakan ikan yang berasal dari Malaysia dan Indonesia, khususnya Sumatera.

Ikan ini dapat mencapai panjang tubuh sekitar 5 cm. ikan Rasbora hidup pada daerah yang memiliki suhu air antara 22-38 derajat celcius, pH air 6-6,5, dan kekerasan air sekitar 3 derajat dH.

Ikan hias ini sangat disenangi oleh konsumen luar negeri khususnya bangsa Eropa. Ikan ini sangat indah dipandang dan hidupnya berkelompok.

ikan Rasbora sangat disukai karena memiliki perpaduan warna tubuh yang indah, pada bagian depan tubuhnya berwarna keperakan dan pada bagian belakangnya berwarna merah tua dengan diliputi segitatiga berwarna hitam.

pada sirip punggung dan ekornya berwarna merah dengan pinggir berwarna putih. bila pakan kurang memenuhi syarat maka warna tubuh ikan ini akan pudar.

ikan jantan dan betina sangat sulit dikenali kecuali bila ikan siap untuk memijah. pada tubuh ikan betina ukurannya lebih besar dan gemuk dengan warna hitam yang lebih pudar dibanding dengan ikan jantan.

pemijahan ikan dapat dilakukan secara masal dengan perbandingan antara jantan dan betina 1 : 2-3 ekor. sebagai tempat sarangnya pada wadah pemijahan diberi tanaman air berupa ganggang ataupun Mop rafia yang agak padat. selain secara masal pemijahan ikan dapat pula dilakukan secara berpasangan dalam akuarium kecil.

setelah induk bertelur maka induk dipisahkan dari telurnya, telur akan menetas sekitar 3-4 hari, larva ikan dapat diberi pakan berupa infusoria dan setelah 3 hari larva dapat diberi kutu air saring sampai berukuran benih.

Benih yang dipelihara diberi pakan berupa kutu air besar atau cacing sutera.
ikan dapat dipanen setelah berukuran 2 cm atau dalam masa pemeliharaan selama 2,5 bulan.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...