Budidaya Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra dengan nama latin Hyphessobrycon innesi merupakan ikan yang berasal dari daerah amazon.

ikan ini bersifat omnivora memiliki warna tubuh yang indah dan bercahaya. pada punggungnya berwarna hijau lembut dengan strip biru terang di sepanjang tubuhnya.  pajang tubuhnya maksimal berukuran 3 cm.

Jenis ikan ini merupakan ikan yang kuat dan toleran terhadap perubahan suhu dan pH. tetapi bila kondisi lingkungan kurang optimal maka ikan ini sulit untuk memijah.

Suhu air untuk pemijahan ikan Neon Tetra sekitar 23-24 derajat celcius, kekerasan air 3 derajat dH, pH air 5,5 - 6,0. Kondisi air untuk kehidupannya harus bersih dan jernih.

peerbedaan induk jantan dan betina
pada jantan terdapat garis biru lurus sedangkan pada ikan betina garis biru tersebut bengkok.


Perbandingan antara jantan dan betina yaitu 1 : 1 pemijahan dapat dilakukan pada akuarium. karena induk ikan suka memakan telurnya maka sebaiknya akuarium diletakan pada tempat yang remang agar induk ikan tidak memakan telurnya. pemijahan ikan biasanya berlangsung pada malam atau sore hari.

setelah induk betelur maka induk ikan bisa diambil atau dikeluarkan dari akuarium. telur akan menetas setelah 24 jam. agar pH nya stabil maka air perlu diberi aerasi.

larva ikan ini transparan dan sangat sulit untuk dilihat. larva ini tidak toleran terhadap sinar yang kuat, akan lebih baiknya larva dipelihara pada tempat yang gelap dan remang.

Usia 4 hari larva dapat diberi pakan berupa infusoria, setelah 3 hari ikan diberi pakan berupa naupli artemia atau kutu air saring. pakan untuk pembesaran berupa kutu air besar.



Pengikut

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Morfologi ikan gurame

Kekurangan dan kelebihan kolam tanah dan kolam tembok dalam berbudidaya ikan

foto Ikan Nila yang mati akibat kondisi air yang buruk

Klasifikasi dan Morfologi ikan Cucut (Rhizoprionodon acutus)

ciri ikan sidat

Edwarsiellosis

Budidaya Mina Ayam