Budidaya Ikan Corydoras

Ikan Corydoras dengan nama latin Corydoras aenes merupakan Jenis ikan hias yang berasal dari Venezuela, Trinidad (Amerika selatan).

Ikan Jenis ini merupakan jenis ikan karnivora pemakan daging. Panjang tubuh ikan ini dapat mencapai ukuran 7 cm. Kualitas air untuk pemeliharaan ikan ini yaitu  pH 7 - 7,5, Suhu 26 - 28 derajat celcius, Kekerasan 10 derajat dH. agar pertumbuhan ikan ini cepat sebaiknya diberikan juga kapur.

perbedaan antara induk ikan jantan dan betina ikan yaitu :
- pina atau sirip dorsal pada betina lebih lancip, sedangkan pada ikan jantan tumpul
- Tubuh ikan betina jauh lebih lebar dibandingkan dengan tubuh ikan jantan, apabila dilihat dari atas.


Induk ikan jantan dan betina sebaiknya dipisah terlebih dahulu agar pemijahan berlangsung baik, induk diberikan pakan berupa cacing sutra atau cacing darah. kemudian apabila induk betina terlihat sudah mengandung telur dapat dicampur dengan induk jantan. umur betina untuk siap memijah berumur 5 bulan.

Pemijahan dapat dilakukan secara massal, dengan perbandingan antara induk jantan dan betina 1 : 2-4. Dalam proses pemijahan induk betina biasanya melakukan pembersihan sarang. Sarang bisa terbuat dari potongan paralon yang digantungkan atau keramik yang berdiri ditempat pemijahan.

meskipun ikan Corydoras ini ikan dasar tetapi telurnya ditempatkan di tengah kolom air. Induk betina akan mengisap sperma jantan dengan mulutnya dan disimpan disitu. dengan menggunakan kantong yang dibentuk oleh pasangan sirip perut yang dibengkokkan, induk betina akan membawa dan melekatkan telur-telurnya ke tempat sarang yang sudah dibersihkan sebelumnya oleh ikan jantan dan telur tersebut akan dibuahi oleh sperma dari mulutnya.

apabila proses pemijahan telah selesai maka telur diambil bersama sarangnya untuk ditetaskan dalam wadah penetasan. telur akan menetas dalam jangka waktu 3 hari, dalam tempat penetasan perlu diberi aerasi untuk suplai oksigen.

Pakan yang diberikan untuk larva berupa kutu air, kutu air diberikan selama 2-3 hari setelah itu larva sudah bisa diberi cacing sutra.


Pengikut

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Morfologi ikan gurame

Kekurangan dan kelebihan kolam tanah dan kolam tembok dalam berbudidaya ikan

foto Ikan Nila yang mati akibat kondisi air yang buruk